PENYEBAB MATA MINUS

PENYEBAB MATA MINUS

PENYEBAB MATA MINUS – Mata merupakan sebuah salah satu indera terpenting bagi manusia karena dengan mata yang sehat akan menunjang dalam hal beraktifitas,mengenal lingkungannya,menikmati indahnya pemandangan dan sebagainya.Penyakit mata dapat menimpa siapa saja baik muda maupun tua,penyebab dari penyakit mata beraneka ragam baik karena alergi terhadap sesuatu,virus,maupun pola hidup seseorang yang buruk seperti membaca sambil tiduran,menonton televisi terlalu dekat dan sebagainnya.Ada banyak macam penyakit mata salah satunya adalah mata minus.Penyebab mata minus
Mata minus adalah salah satu kelainan mata yang tidak dapat melihat benda benda yang berjarak terlalu jauh. Mata minus disebabkan ketika kita sering berkerja atau melihat sesuatu dengan jarak dekat terlalu lama. Seperti kebiasaan membaca sambil tiduran dan membaca di tempat yang gelap atau kurang penerangannya.

PENYEBAB MATA MINUS
Jika ayah atau ibu Anda memiliki riwayat mata minus, maka kemungkinan Anda untuk memiliki mata minus lebih besar ketimbang yang bukan keturunan dari keluarga dengan riwayat penyakit mata minus. Cara menyembuhkan mata minus yang disebabkan dari genetik sangat sulit, mungkin Anda hanya bisa melakukan tindakan pencegahan diawal (jika mata Anda belum minus) dengan mengkonsumsi wortel mentah dan melakukan program pola hidup yang sehat, namun jika mata Anda sudah minus, maka tindakan pencegahan lanjutan bisa Anda lakukan, periksakan kondisi mata minus Anda sudah mencapai minus berapa setelah itu lakukanlah program pencegahan agar minusnya tidak semakin bertambah dengan merawat kesehatan mata, kurangi pola gaya hidup yang tidak sehat dan rutin untuk konsultasi ke dokter spesialis mata. Penyebab mata minus lainnya antara lain :

Penyebab mata minus1. Penyebab mata minus yang pertama adalah pola hidup yang tidak sehat. Ditandai dengan aktivitas yang dilakukan yang mengharuskan Anda untuk selalu melihat objek dari layar kaca, baik mengerjakan pekerjaan di depan komputer, bermain game, atau menonton hiburan di layar kaca. Semua kegiatan itu membuat kerja mata menjadi lebih besar dan lelah, mata menjadi lebih banyak fokus di objek yang dekat, sehingga fokus mata untuk melihat objek yang jauh menjadi berkurang dan itulah gejala awal mata Anda minus. Cara mengobati mata minus yang disebabkan karena faktor ini, bisa dengan mengurangi sedikit kegiatan Anda yang selalu memaksa mata berada di jarak yang dekat dengan layar komputer atau televisi, atur waktu main game, searching, dan bermain gadget.

2. Penyebab mata minus yang kedua adalah kurang istirahat. Pola hidup yang buruk membuat mata kelelahan. Anda bisa berhenti sesaat untuk mengistirahatkan mata dari depan layar komputer selama beberapa saat, pejamkan mata Anda. Dan atur waktu tidur sehingga mata Anda yang lelah bisa beristirahat meski hanya sesaat, jangan mendorong mata Anda untuk selalu terbuka karena bisa jadi mata sehat Anda akan berubah menjadi mata yang minus.

3. Penyebab mata minus yang ketiga adalah pola makan buruk. Jarang mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A bisa membuat kesehatan mata berkurang, apalagi jika Anda tipekal orang pencinta makanan cepat saji yang biasanya tidak memerhatikan kandungan yang pas dibutuhkan oleh tubuh. Makanan cepat saji jarang sekali menambahkan sayuran di menu makanan mereka, itulah mengapa mata minus banyak diderita oleh orang perkotaan yang gemar makan di restoran cepat saji

4. Penyebab mata minus yang keempat adalah kurang mengonsumsi makanan sehat. Pola makan yang sehat, yang memenuhi syarat 4 sehat 5 sempurna juga sangat berpengaruh terhadap mata. Biasakan makan-makanan yang seimbang, baik antara karbohidrat dan sayur-mayur dan dilengkapi dengan buah-buahan. Mengonsumsi karbohidrat yang berlebihan selain tidak baik bagi tubuh, juga tidak baik untuk kandungan ketajaman pada mata.
5. Penyebab mata minus yang kelima adalah kebiasaan pola hidup yang tidak sehat. Kebiasaan pola hidup yang buruk dapat memicu penyebab mata minus dan mempengaruhi kesehatan pada mata bahkan dapat merusak mata. Karena kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering di lakukan dapat menyebabkan mata mudah lelah dan terbiasa melakukan kerja penglihatan dengan tidak sesuai kerja pada otot mata. Namun, kebiasaan-kebiasaan yang memicu mata minus ini, sering tidak kita sadari, contoh kebiasaan buruk yang merusak mata adalah: membaca di tempat yang redup / gelap, kebiasaan membaca sambil tiduran, kebiasaan membaca dengan jarak yang terlalu dekat, dan kebiasaan buruk lainnya.
6. Penyebab mata minus yang terakhir adalah  sering berada di lingkungan yang kurang sehat, tentu dapat mempengaruhi kesehatan dan kebersihan mata, baik lingkungan udara, air, maupun makanan. Sering beradu di jalan raya yang pasti penuh dengan polusi, yang tidak baik terhadap mata, mata menjadi terkena debu dan udara kotor itulah mengapa debu dan udara kotor menjadi penyebab mata minus. Polusi dan asap kendaraan sebenarnya juga penyebab mata minus jika terlalu sering terkena polutan udara kotor dan terik sinar mata hari yang berlebih juga tidak baik untuk mata. Makanan-makanan yang banyak mengandung zat pengawet dan pewarna juga dapat memicu kerusakan pada mata dan menyebabkan mata minus.
Sekian artikel mengenai penyebab mata minus. Semoga artikel mengenai penyebab mata minus diatas dapat bermanfaat untuk anda.

PENYEBAB MATA MINUS

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*