Penyebab Mata Minus Anak

Penyebab Mata Minus Anak

 

Penyebab Mata Minus Anak, Mata minus atau dalam istilah kedokteran dikenal dengan nama miopia merupakan kelainan mata yang dikarenakan bayangan optik pandang jatuh tidak tepat pada fokus retina melainkan di depan retina. Sehingga biasanya penderita miopi harus mengenakan alat bantu yang berupa kacamata minus karena tanpa mengenakan kaca mata minus, jarak pandang penderita miopi hanya sedikit. Anak-anak yang menderita mata minus biasanya tidak dapat melihat benda pada jarak jauh dengan jelas.

Penyebab Mata Minus Anak

Penyebab Mata Minus Anak

Mata minus anak bisa terjadi karena banyak hal, bisa karena faktor usia, faktor lingkungan dan faktor kebiasaan. Mata minus biasanya terjadi karena Anda sering beraktifitas di depan layar monitor komputer, PC atau layar televisi dalam jarak yang dekat. Ketika Anda melihat layar monitor tersebut dari jarak yang dekat, maka otot di mata kita yang mengatur fokus mata akan terbiasa dengan kondisi tersebut.

Mata minus anak yang berjenis progressif, sering kali disebabkan oleh faktor genetika dari orang tua. Selain factor genetika tersebut, kondisi sering membaca / menulis dengan jarak dekat juga memperberat kondisi progresifitas dari mata minus anak tersebut. Mata minus anak membuat anak sering mengeluh kabur melihat benda pada jarak jauh, pusing, kelelahan pada mata, dan sering mendekat ke objek yang ingin dilihat.

Penyebab Mata Minus Anak

Jumlah anak-anak kecil yang memakai kaca mata minus di perkotaan karena menderita rabun jauh alias mata minus lebih banyak ditemukan di perkotaan dibandingkan di desa-desa. Selain karena faktor genetik, gaya hidup juga berpengaruh karena sejak kecil orang moderen di perkotaan lebih jarang keluar rumah. Berikut beberapa penyebab mata minus anak, antara lain :

  1. Teknologi

Penyebab mata minus anak adalah teknologi. Disadari atau tidak, perkembangan teknologi sering membawa berbagai dampak negatif. Kalau jaman saya kecil dulu, sering saya diperingatkan untuk tidak melihat televisi atau membaca buku sambil tiduran, karena bisa merusak mata. Saat ini, tidak hanya televisi yang harus diwaspadai. Tren handphone, bahkan smartphone atau BBM juga sudah menjangkiti anak usia sekolah. Dampaknya tidak saja pada semakin tingginya tingkat individualitas, bahaya situs porno, tapi juga radiasi sinar dari layarnya, penyebab mata minus anak. Kebiasaan main game di HP juga harus diwaspadi, karena kecilnya layar menjadikan anak yg melihat akan sering memicingkan matanya, atau seringnya memainkan game tersebut membuat mata anak akan terpapar sinar secara kontinyu sehingga mata akan cepat lelah, penyebab mata minus anak.

  1. Faktor Keturunan

Menurut dokter, memang ada kecenderungan seperti yang menyatakan bahwa penyebab mata minus anak salah satunya adalah faktor keturunan, tapi jika dari awal ditangai dengan serius, tidak menutup kemungkinan anak dari orang tua yang berkacamata, bisa hidup bebas tanpa kacamata. Jadi faktor keturunan bukan faktor utama dan hal ini masih bisa untuk dihindari jika dilakukan penangan dari sejak dini, penyebab mata minus anak.

  1. Kebiasaan Buruk

Penyebab mata minus anak adalah karena kebiasaan buruk. Minusnya mata bukanlah akibat yang langsung terjadi dalam hitungan menit. Hal itu adalah hasil dari akumulasi “pemaksaan” pada fungsi mata secara standar. Dapat dikatakan bahwa kaca mata adalah salah satu “hadiah” dari sebuah kebiasaan buruk. Kebiasaan buruk salah satu penyebab mata minus anak.

  1. Hal Sepele Yang Diabaikan

Beberapa hal kecil yang sepertinya remeh juga bisa menjadi penyebab mata minus anak, misalnya penerangan atau lampu yg kurang memadai, kurangnya asupan vitamin A, atau terlalu sering berada di lingkungan yg berdebu.

Terlalu banyak menonton televisi, bermain video game, menatap layar komputer ataupun kegiatan sejenisnya juga merupakan penyebab terjadinya miopi. Sebuah penelitian mengungkap bahwa anak-anak yang menghabiskan waktu diluar ruangan tanpa pengaruh radiasi mempunyai mata yang cenderung sehat daripada anak-anak yang menghabiskan waktunya didalam ruangan dengan radiasi sinar elektronik tersebut, penyebab mata minus anak.

  1. Terlalu Sering Bercermin Pada Layar Televisi Maupun Komputer

Penyebab mata minus anak lainnya adalah terlalu sering bercermin pada layar televisi maupun komputer. Maksudnya jika anda berada terlalu banyak menatap dan menonton televisi maupun komputer yang mempunyai sinar radiasi tinggi dapat memicu penyebab mata minus, karena saat mata kita memelototi layar televisi maupun komputer, mata kita akan berkedip lebih sedikit dari pada saat kita tidak memelototi layar radiasi tersebut.Maka, mengakibatkan selaput mata kita menjadi cepat kering, dan retina bekerja tidak normal, yaa akibatnya mata menjadi cepat minus atau plus. Minus biasanya di derita pada anak-anak sampai dewasa, dan plus biasanya di derita oleh orang tua, meskipun tidak menutup kemungkinan bisa sebaliknya, penyebab mata minus anak.

Untuk mengobati dan mencegah penyebab mata minus anak dapat dilakukan dengan mengkonsumsi suplemen mata S-Lutena. Cara mengobati miopi ampuh tanpa efeksamping dan terbukti ampuh untuk cara mengobati miopi. S-Lutena merupakan suplemen gizi yang banyak mengandung karotenoid (β-karoten) yang manfaatnya sebanding dengan makan sayuran yang berwarna merah, kuning, oranye, dan berdaun hijau gelap. 5 karotenoid lainnya juga terdapat dalam super lutein.

S-Lutena sangat bagus untuk kesehatan mata secara total, termasuk dapat pengobatan untuk penyakit mata. Kandungan lutein dan zeaxanthin dalam Super Lutein sangat bagus untuk memperbaiki kerusakan sel/saraf mata, dan kandungan DHA juga dapat memaksimalkan dalam mendukung lutein dan zeaxanthin dalam perbaikan gangguan kesehatan pada mata.

Tidak hanya baik untuk mata Super Lutein juga sangat ampuh untuk mengobati : Darah Tinggi , Kanker, Tumor, Migrain, Stroke, Diabetes Melitus, Jantung, Kolesterol, Sembelit, Kulit Kering, Nyeri Haid / Haid Tidak Normal, Borok / Luka, Nyeri Sendi, Sakit Pinggang, mata Katarak, Rabun Jauh / Dekat, Eksim, Arteriosklerosis, Periodontosis, Mata Plus, Rabun Senja, Mata Silindris, Sakit Ginjal, Hepatitis, dsb.

Penyebab Mata Minus Anak

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*