Penyakit Mata Minus – Mengenal Penyakit Mata Minus

Penyakit Mata Minus – Mengenal Penyakit Mata Minus

 

 

 

Penyakit Mata MinusPenyakit Mata Minus merupakan penyakit mata yang membuat penderitanya tak bisa melihat normal. Penderita Penyakit mata minus ini sulit untuk melihat jauh. Biasanya objek menjadi buram dan tidak fokus. Untuk mengantisipasinya, penderita menggunakan bantuan kacamata atau bisa mengoperasinya. Selain kedua cara tersebut ternyata ada cara ampuh untuk menghilangkan rabun jauh.

PENYEBAB PENYAKIT MATA MINUS

Banyak penelitian mengatakan bahwa masyarakat kota lebih banyak resiko mengalami kelainan pada mata seperti Penyakit mata minus dari pada masyarakat pedesaan. Hal ini terjadi karena pada umumnya masyarakat kota banyak menghabiskan waktunya di tempat atau kegiatan dengan jarak pandang yang tidak jauh, seperti membaca buku di ruang yang sempit dan pencahayaan kurang atau berselancar di dunia maya dengan durasi yang lama. Hal ini akan menyebabkan otot mata yang mengatur fokus mata lama-kelamaan akan terbiasa dengan kondisi seperti itu. Nah, pada saat melihat objek yang jauh, mata tidak mendapatkan fokus yang baik karena sudah terbiasa melihat objek dengan jarak yang dekat.

Penyakit Mata Minus – Mengenal Penyakit Mata Minus

Penyakit Mata Minus – Mengenal Penyakit Mata Minus

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menjadi penyebab penyakit mata minus, yaitu :

  1. 1. Faktor Genetika (Keturunan)

Jika anda mempunyai mata minus, maka cobalah anda lihat apakah ada salah satu anggota keluarga anda yang mempunyai mata minus? Misalnya ayah, ibu dsb. Jika memang ada, berarti penyebab mata minus anda adalah karena faktor keturunan.

  1. 2. Kurang Istirahat

Mata rabun atau minus juga dapat disebabkan oleh kurangnya istirahat. Sama seperti anda, mata juga membutuhkan istirahat. Jadi jangan terlalu memaksakan mata anda untuk bekerja keras. Usahakan jangan duduk didepan layar monitor/komputer dalam waktu yang terlalu lama dan lakukan tidur yang cukup

  1. 3. Pola makan yang kurang baik

Pola makan anda yang buruk dapat menyebabkan kerusakan pada mata. Misalnya karena kekurangan mengkonsumsi sayuran misalnya wortel akhirnya anda kekurangan vitamin A dan akibatnya mata anda mengalami kerusakan.

MENYEMBUHKAN PENYAKIT MATA MINUS

Ada banyak cara menyembuhkan Penyakit mata minus, seperti dengan senam mata atau operasi lasik. Berhubung banyak orang yang tidak punya banyak waktu untuk sekedar senam mata, atau orang yang takut untuk operasi, berikut ini beberapa cara menyembuhkan penyakit mata minus alami, yaitu :

  • Lepaskan kacamata jika dirasa kurang diperlukan, seperti berada di ruangan yang sempit. Lakukan hal ini jika anda masih dapat melihat dengan jelas walau tanpa kacamata.
  • Latih mata untuk melihat objek yang jauh tanpa memakai kacamata. Sebagai contoh, anda dapat pergi ke sawah atau pantai karena tempat-tempat tersebut memiliki sudut pandang yang jauh dan luas.
Penyakit Mata Minus – Mengenal Penyakit Mata Minus

Penyakit Mata Minus – Mengenal Penyakit Mata Minus

  • Latih mata untuk melihat benda yang bergerak. Sebagai contoh, saat anda berada di jalan raya, amatilah motor yang berlalu lalang di depan anda. Telusuri dan perhatikan tiap gerakannya, usahakan bayangan yang terbentuk adalah utuh.
  • Mengobati mata minus dengan terapi daun sirih. Daun sirih dapat membantu menyembuhkan mata minus dengan cara alami. Caranya juga mudah, bersihkan daun sirih dan tempelkan di kelopak mata saat anda tidur. Lakukan terapi ini secara rutin.
  • Apabila anda bekerja menggunakan komputer, pastikan monitor anda bekerja dengan baik. Selain itu, setiap 30 menit melihat monitor komputer yang menyala, anda harus melihat objek lain seperti keyboard, atau memandang ke luar jendela.
  • Terapi lilin. Lilin juga memiliki manfaat untuk membantu mengurangi tingkat minus mata anda. Caranya sederhana, nyalakan lilin tersebut dan tatap lilin tersebut tanpa banyak berkedip. Usahakan jangan terlalu sering berkedip sampai banyak air mata yang keluar. Terapi lilin ini sederhana, namun cukup ampuh untuk mengurangi mata minus apabila dilakukan secara rutin.
  • Bersihkan mata secara rutin, bisa menggunakan tetes mata.
  • Memakai kacamata saat berkendara. Hal ini bertujuan agar mata anda tidak bersentuhan langsung dengan debu.

Sekian artikel mengenai penyakit mata minus. Semoga artikel mengenai penyakit mata minus diatas dapat bermanfaat untuk anda. Dan selamat mencoba tips menyembuhkan mata minusnya …. 🙂

Penyakit Mata Minus – Mengenal Penyakit Mata Minus

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

One Response to Penyakit Mata Minus – Mengenal Penyakit Mata Minus

  1. Tan says:

    memang bnar. saya salah satu penyebab kurang istrht jd mata cepat lelah dan mengalami rabun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*