Pencegahan Mata Minus Bertambah

Pencegahan Mata Minus Bertambah

 

Pencegahan Mata Minus Bertambah, Mempunyai mata yang sehat tentu saja merupakan hal yang diidamkan oleh semua orang. Namun terkadang, hal tersebut sulit untuk di dapatkan terutama untuk orang-orang yang sebagian besar waktunya dihabiskan didepan layar monitor/komputer. Akibatnya akan menimbulkan kerusakan pada mata secara perlahan. Misalnya gangguan mata menjadi rabun dan tidak dapat melihat suatu benda / objek secara jelas terutama yang jaraknya cukup jauh. Salah satu gangguan pada mata yang harus diwaspadai sejak dini adalah mata minus. Gangguan itu pada umumnya terjadi pada usia anak-anak sampai remaja.

Pencegahan Mata Minus Bertambah

Pencegahan Mata Minus Bertambah

Mata minus atau myopia dalam istilah kedokteran merupakan suatu keadaan di mana mata mampu melihat objek yang dekat, tetapi kabur jika melihat objek yang jauh. Secara termonologis, “myopia” berasal dari bahasa Yunani yang berarti menyipitkan mata. Penderita kelainan ini selalu menyipitkan mata untuk melihat lebih jelas objek yang jauh letaknya. Itulah salah satu karakteristik utama penderita mata minus.

Biasanya mata minus terjadi jika kita sering bekerja atau melihat sesuatu dengan jarak dekat terlalu lama, seperti menonton tv terlalu dekat, bermain game komputer dan masih banyak lagi penyebab mata menjadi minus.

Pencegahan Mata Minus Bertambah

Ada beberapa yang dapat dilakukan agar mata minus tidak bertambah. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan sebagai langkah pencegahan mata minus bertambah, antara lain :

  1. Konsumsi Buah Dan Sayuran

Pencegahan mata minus bertambah dengan konsumsi buah dan sayuran. Jika anda suka atau memang diharuskan bekerja di depan komputer, maka salah satu cara mencegah mata minus yakni dengan mengkonsumsi buah dan sayuran. Sayuran yang paling direkomendasikan yakni wortel, karena wortel mengandung beta karoten dan juga Vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata selain itu juga dapat mencegah agar mata tidak rusak.

  1. Menjaga Jarak Pandang

Pencegahan mata minus bertambah dengan menjaga jarak pandang. Ini adalah sebab utama seseorang terkena mata minus rabun dekat, yakni melihat objek seperti menonton televisi secara dekat. Pencegahan mata minus bertambah dengan cara mengatur jarak pandang anda sampai kira-kira 50-100 cm dari layar tv. Selain itu bagi yang suka membaca buku juga usahakan tidak membaca sambil tiduran dan dengan cahaya yang kurang.

  1. Makan Makanan Yang Mengandung Vitamin A

Pencegahan mata minus bertambah dengan makan makanan yang mengandung vitamin A . Makan makanan yang mengandung vitamin A, seperti wortel, mangga, apel, dan lain-lain. Minumlah setiap hari, cara ini merupakan upaya untuk mencegah mata minus yang sangat mudah dipraktekkan karna bahan bakunya sangat mudah ditemukan.

  1. Melatih Otot Mata

Pencegahan mata minus bertambah dengan melatih otot mata. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya yaitu salah satu penyebab mata minus disebabkan mata berfokus terlalu lama pada suatu objek seperti layar ponsel sehingga otot mata lama kelamaan akan kaku. Jadi untuk mencegahnya dengan melatih otot mata anda, cara pencegahan mata minus yaitu fokuskan mata anda pada objek yang berada jauh, lalu objek yang dekat. Lakukanlah itu dengan rutin agar otot anda tidak kaku.

  1. Istirahatkan Mata

Pencegahan mata minus bertambah dengan istirahatkan mata, karena jika terlalu lama maka akan terasa sakit. Pejamkanlah mata untuk beberapa menit atau jam, lalu mulailah pekerjaan anda kembali.

  1. Tidak Menggunakan Kacamata

Pencegahan mata minus bertambah dengan tidak menggunakan kacamata. bila melakukan kegiatan yang tidak memerlukan fungsi mata dengan keseluruhan, lepas saja kaca mata Anda (kalau memakainya). Bila menggunakan kacamata, pilih yang gagangnya dan lensanya ringan. Supaya mata tidak cepat lelah. Ini juga salah satu cara memcegah mata minus.

  1. Mendapat Banyak Lutein dan Zeaxanthin

Pencegahan mata minus bertambah dengan mendapat banyak lutein dan zeaxanthin. Pasti istilah ini sangat asing bukan?. Sebenarnya Lutein merupakan karotenoid yang dapat ditemukan pada sayuran hijau yang mampu menjadi zat antioksidan serta melindungi mata dari radikal bebas. Contoh makanan yang mengandung Lutein antara lain bayam, brokoli, dll. Sama hal nya dengan Lutein, Zeaxanthin juga membantu melindungi mata. Contoh makanan yang mengandung Zeaxathin adalah kuning telur. Namun usahakan memakan kuning telur yang setengah matang agar zar Karotenoidnya tidak rusak ketika digoreng.

Selain dengan cara diatas, pencegahan mata minus bertambah dapat dilakukan dengan mengkonsumsi suplemen mata S-Lutena. Cara mengobati mata minus ampuh tanpa efeksamping dan terbukti ampuh. S-Lutena merupakan suplemen gizi yang banyak mengandung karotenoid (β-karoten) yang manfaatnya sebanding dengan makan sayuran yang berwarna merah, kuning, oranye, dan berdaun hijau gelap. 5 karotenoid lainnya juga terdapat dalam Super Lutein.

S-Lutena sangat bagus untuk kesehatan mata secara total, termasuk dapat pengobatan untuk penyakit mata. Kandungan lutein dan zeaxanthin dalam Super Lutein sangat bagus untuk memperbaiki kerusakan sel/saraf mata, dan kandungan DHA juga dapat memaksimalkan dalam mendukung lutein dan zeaxanthin dalam perbaikan gangguan kesehatan pada mata.

Pencegahan Mata Minus Bertambah

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*