Obat Mata Minus

Obat Mata Minus

 

Cara mengobati mata minus secara alami dan cepat dengan menggunakan tanaman obat mata minus sebenarnya bukan mustahil di lakukan. Mata minus merupakan salah satu jenis gangguan mata yang menyebabkan penderita tidak bisa melihat jelas semua benda atau tulisan dengan jarak yang jauh. Kondisi ini menyebabkan penderita harus menggunakan kaca mata dengan lensa minus.

Obat Mata MinusKetika memakai kacamata maka mata bisa melihat dengan jelas semua benda atau tulisan dengan jarak yang jauh ataupun dekat. Gangguan mata minus menjadi gangguan paling umum di dunia. Penderita bisa sangat bervariasi mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, baik laki-laki maupun perempuan. Kondisi ini sering menyebabkan penderita merasa tidak nyaman dan resiko gangguan mata lain.

Gejala mata minus umumnya dirasakan oleh pengidapnya, antara lain :

  • Objek dekat bisa terlihat, sedangkan objek jauh terlihat kabur.
  • Mengecilkan mata ketika melihat objek jauh.
  • Tidak dapat melihat papan hitam dengan jelas.
  • Sering sakit kepala.
  • Mata berair.
  • Cepat merasa lelah.
  • Sering merasa nyeri mata.
  • Membutuhkan jarak pandang dekat dengan objek agar terlihat lebih jelas.
  • Ketika jalan sering kesandung, jatuh dan suka menabrak-nabrak karena tidak bisa fokus lihat objek.

Obat Mata Minus

Selama ini mata minus masih diatasi dengan penggunaan kacamata atau lensa kontak. Namun kedua perlengkapan ini juga sering menyebabkan rasa tidak nyaman. Lalu bagaimana solusinya ? Untuk mengatasi mata minus, Anda bisa memanfaatkan tanaman-tanaman herbal yang umum dijumpai di pelarangan. Selain itu, terapi pijat dan melatih pergerakan mata akan sangat membantu dalam menyembuhkan mata minus secara alami. Berikut adalah tanaman yang dapat Anda jadikan sebagai obat mata minus alami antara sebagai berikut :

  1. Keben

Keben adalah obat mata minus. Keben atau Barringtonia asiatica Kurz adalah tanaman yang berasal dari Papua (Irian). Di papua buah keben disebut rabon pi Keben merupakan pohon berkayu lunak, berdiameter sekitar 50 cm dengan ketinggian 4 hingga 16 meter. Biji dan buah keben inilah yang dapat digunakan sebagai tetes mata.

  1. Kitolod

Kitolod adalah obat mata minus. Orang jawa lebih mengenalnya dengan sebutan “bunga kintolo”. Tanaman ini biasanya tumbuh liar di sawah, ladang maupun di semak-semak. Bentuknya panjang, warnanya putih mirip bunga melati. Kitolod dapat digunakan sebagai cara mengobati mata minus dan berbagai penyakit pada mata, katarak, diabetes dan berbagai macam penyakit termasuk mata katarak.

Cara penggunaan kitolod untuk obat mata minus sangat mudah, caranya :

  • Cabut 3 helai bunga kitolod segar sampai pangkalnya
  • Masukkan ke dalam mangkok, lalu haluskan dengan sendok makan
  • Tambahkan dengan 6 sendok makan air yang telah mendidih
  • Aduk lalu diamkan sampai dingin
  • Saring dan pisahkan ampasnya
  • Masukkan air tapisan ke dalam cepuk mata ( gelas perendam mata )
  • Rendam mata sekitar 3 menit sambil dikedip-kedipkan – ulangi sampai 3 ( tiga ) kali
  • Ulang cara tersebut secara rutin beberapa hari
  1. Daun Sirih

Daun sirih adalah obat mata minus. Daun sirih memiliki banyak khasiat untuk mencegah gangguan kesehatan dan mengobati penyakit. Tanaman yang memiliki sifat hangat dan pedas ini juga bisa digunakan sebagai cara mengobati mata minus. Daun sirih mengandung minyak atsiri, yaitu kadinen, kavikol, sineol, eugenol, dan karvakol. Minyak atsiri dari daun sirih ini mengandung seskuiterpen, pati, diatase, gula, dan zat samak yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi, dan antijamur. Kandungan zat antiseptik pada seluruh bagiannya bisa mengangkat kotoran di mata dan mengurangi mata pedih.

Cara penggunaan daun sirih untuk obat mata minus sangat mudah, caranya :

  • Lipat lembar daun sirih tua yang lebar menjadi empat lipatan.Bagian yang berbentuk tulang berada di luar.
  • Setelah itu, daun sirih ditempel di mata dengan plester dan biarkan semalaman.

Cara tersebut memang sebaiknya dilakukan pada malam hari dan untuk mengangkat kotoran yang ada pada mata. Untuk mengurangi hingga minus mata/ obat mata minus berkurang tentu saja dilakukan secara berulang dan tidak sama efeknya bagi setiap orang.

  1. Daun Melati

Daun melati adalah obat mata minus alami. Daun melati juga bisa membantu proses penyembuhan sakit mata secara alami. Caranya dengan mengambil satu genggam daun melati, tumbuk halus, kemudian tempelkan pada dahi. Bila sudah mengering ganti dengan yang baru. Ulangi sampai sembuh.

Itulah beberapa tanaman yang dapat dijadikan sebagai obat mata minus. Sekian artikel mengenai obat mata minus. Semoga artikel mengenai obat mata minus dapat bermanfaat untuk anda.

Obat Mata Minus

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*