Miopi Adalah Rabun Jauh

Miopi Adalah Rabun Jauh

 

Miopi Adalah Rabun Jauh, yaitu gangguan tajam penglihatan atau mata kabur yang paling banyak dialami saat ini, miopi disebut juga sebagai mata minus. Berdasarkan studi semakin kesini jumlah penderitanya semakin banyak, terutama menyerang usia muda, mungkin ada keterkaitan miopi dengan maraknya penggunaan gadget seperti smartphone dan tablet belakangan ini.

Miopi Adalah Rabun JauhMeskipun penyebab pasti rabun jauh belum diketahui, banyak dokter mata menduga bahwa mata minus memiliki kaitan yang erat dengan kelelahan mata akibat dari penggunaan komputer dan hal-hal lain yang membutuhkan melihat fokus dalam jarak dekat misalnya membaca buku dalam waktu yang lama atau menggunakan smartphone, ditambah lagi dengan kecenderungan genetik untuk miopi.

Gejala Rabun jauh (Miopia)

Gejala yang paling jelas dari miopi adalah pandangan menjadi kabur ketika melihat objek yang jauh. untuk anak-anak yang masih sekolah mungkin mereka akan kesulitan melihat papan tulis di sekolah secara jelas. atau jika orang dewasa mungkin tidak bisa melihat jalan dengan jelas saat mengemudi.

Tanda dan gejala rabun jauh dapat berbeda-beda tergantung pada tingkat keparahan miopi yang diderita seseorang, begitupun penanganannya atau bantuan dengan menggunakan kacamata akan memiliki ukuran lensa yang berbeda juga antara satu orang dengan yang lain.

Tanda-tanda lain dari miopi adalah sebagai berikut :

  • Sakit kepala
  • mata terasa sakit atau merasa mata lelah
  • Sering menyipitkan mata

Gejala dan ciri-ciri rabun jauh diatas biasanya hilang setelah pengobatan dengan kacamata atau lensa kontak. Sakit kepala mungkin saja masih akan terjadi untuk beberapa waktu pada beberapa orang dan ini hal yang lazim, butuh waktu untuk menyesuaikan diri dengan kacamata baru atau lensa kontak yang baru anda gunakan.

Penyebab dan Faktor Pemicu Miopi

Pada kondisi normal, kornea mata memiliki bentuk dan ukuran normal yang memungkinkan cahaya untuk masuk dan difokuskan tepat pada retina. Pada penderita rabun jauh, kornea menjadi lebih panjang atau pipih dari kornea mata normal, sehingga cahaya tidak terfokus tepat pada retina melainkan di satu titik di depan retina.

Namun, ukuran kornea bukanlah satu-satunya kemungkinan penyebab. Kerusakan refraktif pada mata merupakan penyebab paling sering yang mendasari kondisi ini. Pada gangguan refraktif, lapisan kornea tidak mulus seperti mata normal, sehingga cahaya yang masuk tidak dapat dibiaskan secaara normal. Cahaya yang masuk ke mata justru terfokus di depan retina, sehingga pandangan jarak jauh menjadi kabur.

Penyebab di balik kerusakan tersebut belum diketahui secara pasti. Para pakar menduga kondisi ini dapat dipicu oleh 2 faktor utama, yaitu keturunan dan pengaruh lingkungan.

Anak-anak dengan orang tua yang mengidap rabun jauh memiliki risiko lebih tinggi untuk mengidap kondisi yang sama. Pengaruh dari lingkungan juga berperan penting, contohnya terlalu sering membaca, menonton televisi, atau menggunakan komputer

Cara Mengobati Miopi

Rabun jauh atau mata minus atau miopi dapat dikoreksi dengan kacamata, lensa kontak atau bedah refraktif. Apapun yang akan dilakukan tujuannya adalah sama, yaitu agar bayangan objek atau cahaya jatuh tepat dipermukaan retina. Jika yang digunakan adalah kata mata atau lensa kontak, maka membutuhkan lensa yang negatif (makanya disebut dengan mata minus) atau konkaf (lensa cekung) agar cahaya jatuh lebih jauh, berbeda dengan lensa cembung (konveks) yang membuat cahanya mengumpul dan jatuh lebih dekat, maka dari itu lensa cembung digunakan untuk rabun dekat (mata plus) dan sebaliknya lensa cekung digunakan untuk rabuh jauh (mata minus).

Pada miopi, akan ditemui resep kacamata atau lensa kontak dengan tanda minus (-). Semakin tinggi angka dibelakang minus, maka semakin berat berat derajat rabun jauhnya. Sebagai contoh, minus 1 (-1) berarti lebih parah dibanding minus 0,5 (-0,5), dan begitu seterusnya.

Tergantung pada derajat miopi, seseorang mungkin harus memakai kacamata atau lensa kontak sepanjang hari atau hanya memakainya ketika membutuhkan, seperti saat sekolah atau kuliah, melihat papan tulis, ketika mengemudi, atau menonton film.

Bedah refraktif dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan mata minus tanpda menggunakan kacamata atau lensa kontak. Prosedur yang paling umum dilakukan dengan laser.

  • Laser PRK (photorefractive keratectomy) – menghilangkan lapisan jaringan kornea, mulai dari tepi terluarnya sehingga kornea menjadi rata (disesuaikan dengan derajat rabun jauhnya) sehingga memungkinkan cahaya lebih fokus jatuh ke permukaan retina.
  • Operasi LASIK (laser-assisted in situ keratomileusis) – lapisan luar di angkat tetapi tetap dipertahankan (flap), kemudian laser mengikis beberapa jaringan kornea di bawahnya, dan kemudian flap dikembalikan ke posisi semula (lapisan terluar kornea dibungkuskan kembali).

Miopi Adalah Rabun Jauh

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*