Mengurangi Mata Minus atau Miopi

Mengurangi Mata Minus atau Miopi

 

Mengurangi Mata Minus, Mata minus merupakan gangguan yang terjadi pada mata sehingga membuat seseorang tidak dapat melihat benda pada jarak yang terlalu jauh. Masalah mata minus dapat dialami oleh siapa saja, tak peduli pria, wanita, anak-anak maupun orang dewasa. Adapun penyebab mata minus umumnya disebabkan akibat dari sering membaca dalam keadaan gelap atau tidak mendapatkan pencahayaan yang memadai, membaca sambil berbaring, TV, terkena pancaran radiasi monitor, atau ponsel dan sebagainya.

Mengurangi Mata Minus atau Miopi

Mengurangi Mata Minus atau Miopi

Bagi para penderita mata minus, biasanya akan disarankan untuk menggunakan kacamata atau lensa kontak untuk membantu penglihatannya. Hanya saja, metode ini tidak dapat langsung mengurangi minus mata Anda.

Namun cara mengurangi mata minus secara alami adalah solusi terbaik dan aman. Untuk cara mengurangi mata minus, Anda bisa memanfaatkan tanaman-tanaman herbal yang umum dijumpai di pelarangan. Selain itu, terapi pijat dan melatih pergerakan mata akan sangat membantu dalam menyembuhkan mata minus secara alami. Berikut ini beberapa cara mengurangi mata minus yang aman dan bisa anda aplikasikan di rumah :

  1. Konsumsi Sayur dan Buah

Apabila anda ingin mengurangi mata minus secara alami, maka anda disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang baik untuk mata. Makanan yang baik untuk menutrisi mata diantara, buah alpukat, bawang putih, bawang erah, telur, bayam, wortel, salmon serta sayuran berdaun hijau lainnya. Selain itu, konsumsi buah-buahan yang sehat ikut juga menjadi penyumbang kesehatan mata. Hanya saja jika anda kurang menyukai santapan sayur dan buah secara langsung, maka anda bisa mengkonsumsinya dalam bentuk jus atau salad.

  1. Sering-Sering Mengganti Objek Pandangan Anda

Cara mengurangi mata minus dengan mengganti objek pandangan. Jika anda sering menatap satu objek dalam waktu lama, hal itu akan membuat otot mata menjadi kaku, oleh karena itu sering-seringlah mengganti objek yang dilihat, sebagai contoh: setelah menatap layar komputer, alihkan pandangan anda ke jendela atau halaman rumah anda selama beberapa saat, barulah kembali menatap computer.

  1. Sering-Sering Menatap Objek Yang Jauh, Terutama Yang Berwarna Hijau

Cara Mengurangi Mata Minus dengan menatap objek yang berwarna hijau. Objek yang berwarna hijau diyakini memberikan dampak positif bagi mata, oleh karena itu cobalah sesekali pergi ke gunung untuk memandang pepohonan. Apabila dirasa tidak memungkinkan karena keterbatasan waktu, sering-seringlah menatap objek-objek yang jaraknya cukup jauh untuk mengistirahatkan otot mata Anda juga dapat digunakan sebagai cara mengurangi mata minus.

  1. Latih Mata Dengan Melihat Benda-Benda Yang Bergerak

Cara mengurangi mata minus yang satu ini bisa dilakukan dengan melihat kendaran yang berlalu-lalang di jalan raya, namun jika dirasa kurang sreg atau membahayakan, Anda bisa menggantinya dengan menggunakan bola ping pong yang dililitkan pada seutas benang. Tataplah bola ping pong yang diayunkan dari jarak yang tidak terlalu dekat dengan mata Anda.

  1. Konsumsi Makanan Yang Memberikan Nutrisi Pada Mata, Terutama Suplemen Mata

Cara mengurangi mata minus ini merupakan cara yang paling banyak memerikan keuntungan karena hasilnya berguna bagi kesehatan tubuh Anda, bukan hanya untuk mata saja. Mata membutuhkan vitamin A, β-carotene, vitamin E, zinc dan berbagai nutrisi lainnya untuk bisa berfungsi dengan baik.

  1. Berjemur

Cara mengurangi mata minus dengan cara berjemur. Berjemur baik agar tubuh mendapat asupan vitamin D, namun lakukan hanya pada pagi hari. Tutuplah kedua mata Anda dan arahkan pandangan ke matahari sampai bola mata Anda terasa hangat. Lakukan juga senam leher ketika Anda melakukan hal ini agar sirkulasi darah ke kepala menjadi lancar.

  1. Lakukan Terapi Daun Sirih

Daun sirih memiliki berbagai macam khasiat, salah satunya adalah membuang kotoran, mengobati iritasi, mematikan kuman dan jamur pada mata. Cara mengurangi mata minus dengan terapi daun sirih adalah:

  • Ambil 2 lembar daun sirih.
  • Cuci bersih (jangan direbus karena akan mengeluarkan zat-zat yang terkandung di dalamnya).
  • Tempelkan pada kelopak mata sebelum tidur (bisa menggunakan bantuan plester agar menempel pada mata).
  • Pagi harinya, lepas daun sirih dan cuci bersih wajah Anda.
  1. Lakukan Terapi Lilin

Terapi lilin bisa digunakan untuk membantu mata mengeluarkan kotoran melalui air mata dan juga sebagai cara mengurangi mata minus. Cara mengurangi mata minus dengan terapi lilin adalah:

  • Ambil 1 batang lilin dan nyalakan.
  • Tataplah lilin tanpa banyak berkedip sampai mata Anda banyak mengeluarkan air mata.
  • Lakukan kira-kira 4x seminggu.

Nah, itulah dia beberapa cara mengurangi mata minus secara alami yang bisa anda lakukan. Cara ini tetunya lebih sederhana dan lebih mudah diaplikasikan dibandingkan menempuh operasi mata yang akan sangat memakan banyak biaya.

Mengurangi Mata Minus atau Miopi

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*