Mengobati Miopi atau Mata Minus

Mengobati Miopi atau Mata Minus

 

Mengobati Miopi, Mata minus atau miopi adalah suatu keadaan dimana penderitanya tidak bisa melihat benda-benda yang berjarak jauh. Sehingga ketika ia melihat benda dari jarak jauh akan terlihat tidak jelas, buram atau menjadi samar-samar. Ini terjadi akibat dimana sinar yang masuk ke mata tidak jatuh tepat di retina, melainkan jatuh di depan retina sehingga menyebabkan gambar yang diterima mata menjadi kabur.

Mengobati Miopi atau Mata Minus

Mengobati Miopi atau Mata Minus

Umumnya, rabun jauh terjadi disebabkan oleh perubahan kelengkungan kornea atau kelainan bentuk lensa mata serta memanjangnya sumbu bola mata yang mengakibatkan mata berubah menjadi bentuk bulat telur. Seiring bertambahnya panjang sumbu bola mata maka tingkat mata minus pun akan bertambah.

Gejala Miopi

Gejala miopi sangat beragam dan dapat terjadi pada siapa saja dan dari segala umur. Tetapi kondisi ini umumnya mulai dirasakan oleh pengidapnya pada masa kanak-kanak hingga usia sekolah. Berikut ini adalah gejala – gejala mata min yang muncul secara umum, antara lain :

  • Objek dekat bisa terlihat, sedangkan objek jauh terlihat kabur
  • Mengecilkan mata ketika melihat objek jauh
  • Tidak dapat melihat papan hitam dengan jelas
  • Terlalu dekat dengan buku ketika membaca
  • Sering sakit kepala
  • Mata berair
  • Cepat merasa lelah
  • Sering merasa nyeri mata
  • Harus menyipitkan mata untuk melihat benda-benda pada jarak wajar yang seharusnya dapat dilihat dengan mata normal
  • Sering mengeluh pandangan kabur atau berbayang ketika melihat dalam objek dalam jarak dekat atau jauh
  • Gejala Mata min yang berikutnya, yaitu Membutuhkan jarak pandang dekat dengan objek agar terlihat lebih jelas
  • Gejala mata min lainnya adalah jalan sering kesandung, jatuh dan suka menabrak-nabrak karena tidak bisa fokus lihat objek. Ini juga merupakan gejala mata min.

Gejala miopi perlahan-lahan akan makin parah seiring bertambahnya usia dan perkembangan mata. Misalnya pada lansia, penurunan kemampuan mata biasanya berhubungan dengan terbentuknya katarak pada lensa mata.

Untuk mengobati miopi, anda bisa memanfaatkan tanaman-tanaman herbal yang umum dijumpai di pelarangan. Selain itu, terapi pijat dan melatih pergerakan mata akan sangat membantu dalam mengobati miopi secara alami. Berikut ini beberapa cara mengobati miopi yang aman dan bisa anda aplikasikan di rumah :

  1. Mengobati Miopi Menggunakan Daun Sirih

Daun sirih adalah tanaman herbal paling populer di pengobatan tradisional ala Indonesia. Kandungan daun sirih yang bermanfaat bagi kesehatan seperti minyak atsiri sebagai antioksidan, zat antijamur dan zat antiseptik di seluruh bagiannya. Untuk cara mengobati mata minus yang aman menggunakan daun sirih ada dua cara. Yang pertama adalah dengan menempelkan daun sirih pada permukaan mata ketiku sedang tidur. Sedangkan yang kedua adalah dengan mencelupkan daun sirih pada air panas dan setelah air menjadi hangat suam, air tersebut digunakan untuk mencuci mata dengan cara mengedip-ngedipkan mata di permukaan air (dirimbang).

  1. Mengobati Miopi Dengan Mengkonsumsi Buah Sumber Vitamin C

Semua jenis buah yang mengandung vitamin C dalam jumlah yang tinggi sangat baik untuk cara mengobati mata minus dan mencegahnya. Berbagai jenis buah yang sangat disarankan adalah seperti jeruk, stroberi, lemin, anggur, jeruk bali dan markisa. Buah-buahan ini bisa mencegah berbagai jenis kerusakan karena mata karena kurang nutrisi.

  1. Mengobati Miopi Dengan Mengkonsumsi Sayuran Hijau

Berbagai jenis sayuran hijau seperti bayam, kangkung, sawi hijau, selada, daun kale dan sayuran lain mengandung lutein dan zeaxanthin yang bisa mencegah katarak dan pembentukan lapisan pada kornea mata. Selain itu, berbagai jenis makanan yang mengandung bahan antioksidan seperti brokoli dan kacang polong juga sangat baik.

  1. Mengobati Miopi Dengan Mengkonsumsi Sumber Kacang-Kacangan

Berbagai jenis kacang-kacangan sangat baik untuk memelihara kesehatan mata karena mengandung asam lemak omega 3 dan juga makanan yang mengandung vitamin E. Berbagai jenis kacang-kacangan yang bisa membantu mengobati mata minus antara lain adalah almond, kacang pistachio, mete, dan walnut.

  1. Mengobati Miopi Dengan Relaksasi Otot Mata

Cara mengobati mata minus dengan cara ini dangat mudah dilakukan. Caranya, duduklah di depan meja dan taruh beberapa bantal hingga sejajar dengan mata Anda. Taruhlah siku Anda di atas bantal dan tutuplah mata Anda dengan telapak tangan anda sampai tidak ada cahaya yang masuk. Aturlah napas Anda secara perlahan, santai, dan teratur. Lakukanlah hal ini selama 10-15 menit sebanyak 2-3 kali sehari secara rutin.

  1. Mengobati Miopi Dengan Melihat Objek

Bagi penderita mata minus, melihat benda yang jauh adalah cukup sulit. Perlu fokus mendalam untuk menghasilkan bayangan yang nyata. Dengan melatih mata untuk melihat benda-benda yang jauh secara bertahap, ketidakmampuan ini lambat laun akan menghilang. Cobalah cari objek jauh yang bergerak kemudian amati dengan seksama. Telusuri setiap gerakannya dan usahakan bayangan yang terbentuk adalah utuh. Tips lain yang jauh lebih efektif adalah dengan sering melihat pemandangan hijau. Usahakan minimal seminggu sekali anda melihat-lihat hamparan pemandangan hijau di sawah atau pegunungan, karena kegiatan ini sangat efektif untuk cara mengobati mata minus yang aman.

Selain dengan cara diatas, mengobati miopi dapat dilakukan dengan mengkonsumsi suplemen mata S-Lutena. Cara mengobati miopi ampuh tanpa efeksamping dan terbukti ampuh untuk cara mengobati miopi. S-Lutena merupakan suplemen gizi yang banyak mengandung karotenoid (β-karoten) yang manfaatnya sebanding dengan makan sayuran yang berwarna merah, kuning, oranye, dan berdaun hijau gelap. 5 karotenoid lainnya juga terdapat dalam super lutein.

S-Lutena sangat bagus untuk kesehatan mata secara total, termasuk dapat pengobatan untuk penyakit mata. Kandungan lutein dan zeaxanthin dalam Super Lutein sangat bagus untuk memperbaiki kerusakan sel/saraf mata, dan kandungan DHA juga dapat memaksimalkan dalam mendukung lutein dan zeaxanthin dalam perbaikan gangguan kesehatan pada mata.

Mengobati Miopi atau Mata Minus

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*