MENCEGAH MATA MINUS PADA ANAK, CARANYA ?

MENCEGAH MATA MINUS PADA ANAK, CARANYA ?

 

MENCEGAH MATA MINUS PADA ANAK – Sekarang ini, cukup banyak anak berusia dibawah 10 tahun yang mengenakan kaca mata. Bisa jadi itu merupakan trend, namun mungkin juga anak-anak tersebut memang menderita mata minus. Mata minus atau dalam istilah kedokteran dikenal dengan nama miopia merupakan kelainan mata yang dikarenakan bayangan optik pandang jatuh tidak tepat pada fokus retina melainkan di depan retina.

mencegah mata minus

Mata Minus Pada Anak

Sehingga biasanya penderita miopi harus mengenakan alat bantu yang berupa kacamata minus karena tanpa mengenakan kaca mata minus, jarak pandang penderita miopi hanya sedikit. Anak-anak yang menderita mata minus biasanya tidak dapat melihat benda pada jarak jauh dengan jelas. Anak dengan mata minus sering terlihat harus mendekat saat melihat tv, atau papan tulis, sering mengucek mata, kalau baca buku dekat, sering berkedip dan kadang terlihat juling. Pada mata minus, cahaya tidak bisa difokuskan tepat di retina, tapi di depan retina. Nah, hal ini membuat bayangan terlihat kabur. Pada mata normal, karena kelengkungan kornea dan panjang axial lensa normal, maka bayangan difokuskan tepat di retina sehingga tampak jelas. Pada mata minus, kelengkungan kornea terjadi berlebihan dan panjang axial lensa mata juga lebih dari normal sehingga bayangan nampak kabur karena titik fokus terletak di depan retina.

 

PENYEBAB MATA MINUS PADA ANAK

Penyebab mata minus yang paling umum adalah membiasakan kebiasan buruk dalam kehidupan sehari-hari misalkan saja Kurang mengonsumsi makanan sehat. Pola makan yang sehat, yang memenuhi syarat 4 sehat 5 sempurna juga sangat berpengaruh terhadap mata. Biasakan makan-makanan yang seimbang, baik antara karbohidrat dan sayur-mayur dan dilengkapi dengan buah-buahan. Mengonsumsi karbohidrat yang berlebihan selain tidak baik bagi tubuh, juga tidak baik untuk kandungan ketajaman pada mata.

 

CARA MENCEGAH MATA MINUS PADA ANAK

Berikut adalah cara-cara yang dapat anda lakukan untuk  cara mencegah mata minus pada anak, antara lain :

  1. Cara mencegah mata minus pada anak dengan zat karoten. Salah satu penyebab mata minus pada anak ialah kurangnya zat karoten. Zat penting dalam perkembangan fungsi penglihatan ini banyak didapat pada wortel. Balita juga perlu banyak makan bayam dan sayur-sayuran berwarna lainnya agar perkembangan penglihatannya sempurna.
  1. Cara mencegah mata minus pada anak dengan memenuhi asupan makanan yang cukup dan sehat. Selain asupan makanan, mata minus pada anak juga bisa disebabkan oleh kebiasaan yang salah. Anak yang tidur dalam kamar terang juga memiliki potensi lebih mudah mengalami mata minus. Bayi 0-2 tahun berisiko mengalami mata minus atau miopi saat balita jika tidur dalam keadaan terang. Jadi, usahakan lampu kamar dalam keadaan redup untuk meminimalisir risiko rabun pada anak.
  1. Pada beberapa kasus mata minus pada balita dan anak, ditemui faktor keturunan sebagai penyebab. Orang tua dengan mata minus cenderung mewariskan sifat ini kepada anak-anak mereka.
  1. Cara mencegah mata minus pada anak dengan mengurangi penggunaan komputer dan televisi. Penggunaan komputer atau menonton televisi terlalu lama dalam jarak dekat bisa juga menyebabkan mata minus pada anak. Jadi sebaiknya, ajak anak beraktivitas fisik agar kegiatannya seimbang.
  1. Melihat hal-hal kecil juga memaksa matanya bekerja lebih keras. Karena itu, pilih buku-buku khusus untuk anak/balita dengan tulisan yang besar walaupun si kecil belum bisa membaca sendiri. Pilih gambar dan warna yang menarik sehingga merangsang visualnya.

 

Itulah beberapa informasi mengenai cara mencegah mata minus pada anak. Sekian artikel mengenai cara mencegah mata minus pada anak. Semoga artikel mengenai cara mencegah mata minus pada anak diatas dapat bermanfaat untuk anda.

 

MENCEGAH MATA MINUS PADA ANAK, CARANYA ?

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*