Mencegah Mata Minus, Ini Caranya !

Mencegah Mata Minus, Ini Caranya !

Mencegah Mata MinusMata minus atau rabun merupakan suatu keadaan dimana kita tidak dapat melihat suatu objek secara jelas. Untuk mata minus sendiri dapat digolongkan menjadi dua yaitu mata minus rabun jauh dan rabun dekat. Mata minus / rabun jauh adalah kelainan pada mata yang tidak mampu melihat dengan baik benda atau objek dengan jarak yang jauh.

Mencegah Mata Minus, Ini Caranya !

Mencegah Mata Minus, Ini Caranya !

Mata minus adalah salah satu gangguan yang sering ditemui oleh kaum muda saat ini. Mereka yang terkena mata minus atau myopia akan memiliki penurunan penglihatan. Penderitanya kesulitan untuk melihat objek yang letaknya jauh. Biasanya untuk mengatasi hal ini digunakan kacamata lensa cekung atau memakai lensa kontak khusus. Gangguan mata ini sebenarnya bisa dicegah dengan melakukan latihan mata. Sebuah buku yang terbit pada tahun 1920 oleh Dr Bates memberikan tips menarik agar mata tetap memiliki ketajaman yang akurat. Berikut adalah cara mencegah mata minus, anatara lain :

   Menyembunyikan Mata

Mencegah Mata Minus – Caranya, duduk santai menghadap meja dan letakkan beberapa bantal sampai memiliki ketinggian sejajar dengan mata. Taruh siku pada bantal teratas sembari menutupkan kedua tangan pada mata. Pastikan keadaan gelap gulita sehingga mata tidak mampu melihat karena kedap cahaya. Biarkan mata dalam kondisi tersebut selama 10 menit dan ulangi 2-3 kali sehari. Tujuan latihan ini untuk merangsang mata lebih rileks.

   Menggerakkan Bola Mata

Mencegah Mata Minus – Fungsi latihan ini untuk melumasi bola mata sekaligus membersikannya dengan menggunakan air mata. Caranya, pandang salah satu objek di titik terjauh. Ikuti dengan menggerakkan mata kanan-kiri dengan sembari berkedip. Lakukan kedipan tersebut sebanyak 100 kali dalam sehari.

   Menetapkan Warna Berbeda Untuk Satu Hari

Mencegah Mata Minus – Misalnya, hari ini Anda akan fokus untuk lebih sering melihat objek dengan warna hijau. Besoknya kuning, lusa merah, dan begitu seterusnya. Latihan seperti ini untuk membantu menajamkan penglihatan seseorang terkait warna.

   Berjemur

Mencegah Mata Minus – Latihan ini cocok dilakukan saat sinar matahari kuat dan cuaca cerah. Tutup mata Anda dan arahkan muka ke matahari. Dalam keadaan mata tertutup tersebut, ikuti dengan menggerakkan kepala ke kanan-kiri sampai posisinya nyaris kena pundak. Satu sesi latihan kurang lebih 3-5 menit. Tujuannya agar peredaran darah di area leher lebih lancar.

   Beralih Pandangan Saat Terlalu Lama Menatap Sebuah Objek

Mencegah Mata Minus – Misalnya buat Anda yang sering bekerja di depan komputer, sempatkan memandang objek lain di tengah kesibukan. Anda dapat memandang objek sekitar seperti pohon, poster, jalanan, dan sebagainya. Ini bertujuan agar meningkatkan kemampuan melihat peripheral dan mencegah rabun jauh maupun dekat. Dalam beberapa kasus, diduga menjadi salah satu cara untuk mengatasi katarak.

Itulah beberapa cara mencegah mata minus. Sekian artikel mengenai cara mencegah mata minus. Semoga artikel mengenai cara mencegah mata minus diatas dapat bermanfaat untuk Anda.

Mencegah Mata Minus, Ini Caranya !

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*