Mencegah Mata Minus Bertambah Parah

Mencegah Mata Minus Bertambah Parah

 

Mencegah Mata Minus Bertambah Parah – Rabun jauh atau mata minus sebenarnya terjadi akibat bola mata yang terlalu panjang atau kornea yang melengkung terlalu curam, sehingga cahaya yang harusnya jatuh tepat di retina justru berada di depan retina mata. Akibatnya Anda tidak bisa melihat sesuatu yang berjarak jauh dengan jelas.

Mencegah Mata Minus Bertambah Parah

Mencegah Mata Minus Bertambah Parah

Mata minus bisa di derita siapa saja, mulai dari anak-anak, remaja, sampai orang tua. Kebiasaan yang buruk dalam merawat mata adalah salah satu hal yang menyebabkan mata minus. Salah satunya contohnya menonton televisi terlalu dekat, membaca buku sambil tiduran dengan penerangan yang kurang, maen hp dan masih banyak lagi.

Mata minus bisa bertambah jika tidak merubah gaya hidup yang tidak sehat. Gejala mata minus cukup beragam, beberapa gejala yang dapat dengan mudah diidentifikasi adaah seperti kepala terasa nyeri berdenyut terutama di bagian depan, bola mata terasa perih serta berat, muncul air mata yang meleleh berlebihan. Kondisi ini umumnya cenderung membaik bila mata diistirahatkan, namun jika tidak di tangani dengan tepat bisa kambuh lagi bahkan bertambah parah.

Selain berdampak buruk pada kualitas hidup penderitanya, myopia juga berisiko berkembang menjadi penyakit mata lain yang lebih berbahaya, seperti katarak, glaukoma, hingga kebutaan.

Selama ini mata minus ditangani dengan anjuran penggunaan kacamata atau lensa kontak. Namun dua alat bantu ini hanya membantu Anda untuk bisa melihat lebih jelas, tidak membuat minus berkurang. Bagaimana jika ternyata ada cara untuk mencegah mata minus bertambah parah ? Penasaran ? Yuk cek ulasannya di bawah ini :

  1. Melatih mata melihat objek yang jauh tanpa kacamata

Mulai sekarang, biarkan matamu melihat objek yang jauh tanpa kacamata. Kamu bisa melakukannya dengan melihat pemandangan, seperti sawah, pegunungan dan pantai agar matamu fokus melihat hal-hal yang jauh.

  1. Lepas kacamata ketika tidak terlalu dibutuhkan

Biasakan matamu unuk tidak selalu bergantung dengan kacamata. Hal ini untuk melatih mata kamu tanpa bantuan lensa kacamata. Jika hanya sekedar mengobrol dengan teman, kamu tentu tidak perlu menggunakan kacamata bukan?

  1. Gunakan daun sirih

Daun sirih juga memiliki khasiat menjaga kesehatan mata. Tempel daun sirih yang sudah di cuci bersih pada kedua mata. lakukan kegiatan ini rutin sebelum tidur. Mata minusmu secara perlahan akan berangsur sembuh.

  1. Alihkan pandangan setiap 25 menit saat di depan komputer

Berlama-lama di depan komputer bisa membuat mata lelah. Kamu perlu me-refresh matamu dengan cara melihat ke arah lain setiap 25 menit berada di depan komputer.

  1. Melihat objek yang bergerak

Saat berada di jalan raya, usahakan matamu melihat kendaraan yang berlalu lalang. Objek yang bergerak membuat matamu secara otomatis melatih fokus matamu agar lebih jelas melihat suatu objek.

  1. Sering berkedip dan gunakan tetes mata bila perlu

Berkedip bertujuan untuk meminimalisir masuknya debu ke mata. Bila perlu, kamu gunakan tetes mata untuk menyegarkan matamu dari kelelahan.

  1. Konsumsi wortel

Wortel sangat kaya akan vitamin A. Kandungan vitaminnya sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Bagi kamu yang tidak menyukai wortel, kamu bisa mengolahnya menjadi makanan yang lezat.

  1. Mendapat Banyak Lutein dan Zeaxanthin

Pasti istilah ini sangat asing bukan? Sebenarnya Lutein merupakan karotenoid yang dapat ditemukan pada sayuran hijau yang mampu menjadi zat antioksidan serta melindungi mata dari radikal bebas. Contoh makanan yang mengandung Lutein antara lain bayam, brokoli, dll. Sama hal nya dengan Lutein, Zeaxanthin juga membantu melindungi mata. Contoh makanan yang mengandung Zeaxathin adalah kuning telur.

  1. Terapi lilin

Kamu hanya pelu menyalakan lilin dan fokuskan matamu pada lilin tersebut tanpa banyak berkedip. Tunggulah hingga keluar banyak air mata. Walaupun terbilang sederhana, tapi menurut beberapa orang yang telah mencobanya, terapi ini tergolong ampuh.

  1. Pakailah helm ketika berkendara

Selain melindungi kepala saat berkendara, helm juga berfungsi untuk melindungi matamu dari berbagai debu di jalan dan menjaga matamu agar tidak berair. Mata yang terkena debu berindikasi menyebakan mata minusmu semakin kehilangan fokus.

Semoga bermanfaat..

Mencegah Mata Minus Bertambah Parah

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*