MATA MINUS TINGGI

MATA MINUS TINGGI

 

mata minus tinggiMATA MINUS TINGGI – Mata minus tinggi atau rabun jauh merupakan gangguan pada mata dimana tidak bisa melihat benda dari jarak jauh dengan baik, sedangkan untuk benda yang dekat bisa dilihat dengan jelas. Rabun jauh atau miopia adalah kondisi dimana sinar yang masuk ke mata tidak jatuh tepat di retina, melainkan jatuh di depan retina sehingga menyebabkan gambar yang diterima mata menjadi kabur/mata minus tinggi.

 

Beberapa hal yang mempengaruhi resiko terjadinya miopia, antara lain :

  1. Orang tua yang mempunyai sumbu bolamata yang lebih panjang dari normal akan melahirkan keturunan yang memiliki sumbu bolamata yang lebih panjang dari normal pula. Sebagian besar kasus rabun jauh disebabkan oleh penurunan sifat dari orang tua.
  2. Faktor Etnis. Ternyata, orang Asia memiliki kecenderungan miopia yang lebih besar (70% – 90%) dari pada orang Eropa dan Amerika (30% – 40%). Paling kecil adalah Afrika (10% – 20%).
  3. Perilaku yang kurang sehat, misalnya:
  • Kebiasaan melihat jarak dekat secara terus menerus.
  • Membaca sambil tiduran.
  • Membaca di tempat dengan penerangan kurang.
  • Membaca terlalu lama tanpa beristirahat.
  • Kurang mengkonsumsi makanan bervitamin A.
  • Terlalu lama bekerja di komputer.
  • Nonton televisi terlalu dekat
  • Main game dengan TV besar dan jarak dekat

 

Terlalu sering memakai kacamata ternyata minus pada mata kita semakin bertambah bukan mengurangi/ mata minus tinggi . Jadi apa solusi tepat untuk menyembuhkan mata minus tinggi ?

 

CARA MENYEMBUHKAN MATA MINUS TINGGI

 

Melatih Mata Melihat Objek Yang Jauh

Cara mengobati mata minus tinggi adalah dengan cara Melatih mata melihat objek yang jauh. Terapi ini cukup digemari banyak orang. Hal ini dikarenakan cukup fleksibel dan dapat anda lakukan di mana pun anda berada. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika anda mulai mencoba dari sekarang.

Terapi Daun Sirih

Cara mengobati mata minus tinggi bisa anda lakukan dengan berbagai cara, diantaranya yang pertama yaitu terapi daun sirih. Seperti kita ketahui daun sirih mempunyai banyak fungsinya salah satunya untuk kesehatan mata. Jika anda mengalami mata minus maka anda bisa melakukan terapi dengan daun sirih dengan cara bersihkan terlebih dahulu daun sirih tersebut kemudian setelah itu tempelkan pada bagian kelopak mata anda. Ini sebaiknya dilakukan pada saat anda akan tidur dan lakukan terapi ini secara rutin dan teratur.

Terapi Lilin

Cara mengobati mata minus tinggi lain yang bisa kita lakukan yaitu terapi lilin. Lilin juga ternyata bisa digunakan untuk pengobatan mata minus. Cara terapi ini yaitu nyalakan lilin tersebut dan pandangi lilin yang menyala itu tanpa banyak berkedip hingga mata anda mengeluarkan banyak air mata. Terapi ini memang terlihat sangat sederhana akan tetapi ternyata sangat ampuh untuk mengurangi mata minus pada mata anda.

Operasi Lasik

Operasi lasik mata dilakukan dengan membedah mata, memperbaiki lensa mata dengan bantuan peralatan laser canggih. Operasi lasik mata yang dilakukan hanya memakan waktu sekitar 20 menit dan tanpa proses penjahitan, karena pembedahan dilakukan dengan menggunakan laser. Teknologi lasik (laser-assisted in-situ keratomileusis) seringkali menjadi andalan bagi orang yang tak ingin memakai kacamata. Kerap kita mendengar, mata yang minus, silinder, atau plus sekalipun dapat kembali nol berkat menjalani operasi lasik. Namun ketika minus yang diderita sudah sangat tinggi, misalnya minus sembilan atau lebih dari 10, apakah teknologi lasik mampu membuatnya nol kembali?

 

Menurut dokter spesialis mata dari salah satu rumah sakit yang ada di Jakarta, kemampuan operasi lasik untuk membuat nol kembali gangguan refraksi pada mata tergantung pada teknologinya. Kecanggihan teknologi lasik berhubungan dengan kemampuan menurunkan besarnya minus pada mata karena semakin canggih alat, semakin sedikit kornea mata yang dikikis. Artinya, semakin besar penurunan gangguan refraksi yang bisa dilakukan. Gangguan refraksi merupakan gangguan anatomi mata yang membuat cahaya yang masuk ke mata tidak diteruskan tepat pada titik fokus. Inilah yang membuat penglihatan menjadi tidak fokus. Sementara, operasi lasik pada prinsipnya mengikis kornea atau bagian terluar dari bola mata agar cahaya yang masuk ke mata tepat tiba di titik fokus. Semakin canggih teknologi lasik yang digunakan, semakin tipis kornea yang dikikis untuk mengurangi gangguan refraksi.

 

Itulah sekilas informasi mengenai mata minus tinggi. Terima kasih anda telah membaca artikel mengenai mata minus tinggi. Semoga artikel mengenai mata minus tinggi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

 

MATA MINUS TINGGI

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*