Mata Minus Pada Anak Apakah Bisa Sembuh ?

Mata Minus Pada Anak Apakah Bisa Sembuh ?

 

Mata Minus Pada Anak Apakah Bisa Sembuh ? Saat ini cukup sering kita lihat anak-anak di bawah usia 10 tahun yang sudah menggunakan kacamata. Hal itu mungkin saja karena tren, tetapi mungkin juga karena anak-anak tersebut memang menderita mata minus.

Mata minus dalam istilah kedokteran dikenal dengan miopia. Ini merupakan kelainan mata dikarenakan bayangan optik jatuh tidak fokus pada retina, melainkan di depan retina sehingga membuat bayangan terlihat kabur. Penyebab mata minus pada anak salahsatunya adalah faktor keturunan.

Selain karena faktor keturunan, mata minus atau rabun jauh juga terjadi karena anak terlalu sering bermain dalam jarak dekat. Misalnya, di dalam kamar atau ruangan yang sempit. Akibatnya, mata si anak tak terlatih untuk melihat obyek dalam jarak yang agak jauh.

Mata Minus Pada Anak Apakah Bisa Sembuh ?

Mata Minus Pada Anak Apakah Bisa Sembuh ?

Kebiasaan buruk ini akan makin parah jika penerangan di dalam ruangan tersebut kurang bagus. Misalnya menggunakan lampu yang berwarna kekuning-kuningan ataupun kurang terang. Karena itulah, sangat dianjurkan kepada orang tua untuk memberi pengalaman yang luas terhadap kemampuan pengelihatan anaknya, dengan melatih anak untuk melihat obyek yang jauh. Misalnya, mengajak anak bermain di halaman atau kebun yang cukup luas.

Gangguan mata minus yang belum terlalu parah juga bisa dikurangi atau bahkan disembuhkan dengan latihan fisik tertentu. Latihan fisik sederhana yang disarankan, antara lain, bisa dilakukan dengan membuat segitiga sama sisi dari kertas. Segitiga tersebut digambari bulatan-bulatan hitam, berderet dari salah satu sisi ke salah satu sudutnya. Jarak bulatan hitam itu disesuaikan dengan tingkat kelainan mata si anak.

Latihan ini dilakukan dengan menempatkan segitiga persis di tengah hidung, kemudian si anak diminta melihat bulatan hitam di sudut segitiga. Sambil memberikan hitungan waktu, orang tua harus mengawasi gerakan bola mata si anak. Bila pada hitungan tertentu bola mata anak bergerak ke arah lain, latihan dihentikan. Latihan semacam ini sebaiknya dilakukan secara teratur dengan frekuensi sesuai tingkatan gangguan mata minus.

Latihan lainnya adalah membaca koran, untuk melatih ketajaman pengelihatan mata dalam kategori fenomena kepadatan. Sambil menutup sebelah matanya, si anak diminta melingkari salah satu huruf, di koran tersebut. Jika latihan semacam ini dilakukan secara teratur, gangguan mata minus bisa dikurangi atau bahkan disembuhkan.

Mencegah Mata Minus Pada Anak

Saat ini banyak anak-anak yang menderita rabun jauh. Akibatnya, mereka sudah memakai kacamata sejak usia sekolah. Sebenarnya, orangtua bisa mencegahnya sejak dini. Berikut ini empat cara mencegah mata minus pada anak :

  • Ajak anak main di luar ruangan

Anak-anak harusnya banyak bermain di luar ruangan daripada di dalam ruang. Sebab, kebiasaan bermain di dalam ruangan membuat anak rentan mengalami rabun jauh. Sementara itu, kaitan anak yang suka main di luar ruangan lebih bisa melatih matanya untuk melihat benda warna-warni dan lebih menyegarkan matanya.

  • Jauhkan anak dari gadget

Anak-anak sekarang paling suka dan nyaman menonton gadget. Hal ini jangan dibiarkan, karena bisa memicu rabun jauh dengan cepat. Batasilah penggunaan gadget, serta alat elektronik lainnya seperti komputer dan televisi.

  • Periksa mata sejak kecil

Si kecil jangan cuma rutin dibawa ke dokter gigi. Pentingnya menjaga kesehatan mata juga berharga untuknya. Apalagi, bagi anak-anak yang orangtuanya telah mengalami rabun jauh. Sejak usia tiga hingga lima tahun, ajak anak Anda ke dokter mata secara rutin.

  • Mengatur menu makan

Anak-anak harus menjalankan diet seimbang yang sehat untuk menjaga kesehatan matanya. Antara lain yakni mengonsumsi sayuran bervitamin A seperti wortel, juga perbanyak makan dengan nutrisi omega 3, seperti ikan atau telur.

Mata Minus Pada Anak Apakah Bisa Sembuh ?

Mata Minus Pada Anak Bisa Disembuhkan – S-Lutena (Super Lutein) adalah sebuah terobosan terbaru dunia herbal yang berasal dari negeri sakura Jepang. Ia hadir sebagai sebuah solusi terbaik obat mata yang menyelaraskan kebutuhan lutein harian tubuh kita yang diyakini sebagai anti oksidan pelindung mata Kita. Selain sebagai suplemen mata, S Lutena juga merupakan suplemen gizi yang banyak mengandung karotenoid (β-karoten) yang manfaatnya sebanding dengan makan sayuran yang berwarna merah, kuning, oranye, dan berdaun hijau gelap. 5 karotenoid lainnya juga terdapat dalam super lutein.

Kesemua karotein inilah yang membantu tubuh kita untuk melindungi tubuh kita dari radikal bebas akibat oksidan. Sebagai antioksida yang menghalang daripada radikal bebas yang berbahaya. Radikal bebas ialah punca utama terjadinya pelbagai penyakit kronik. Sebagai penapis cahaya ungu yang terdapat pada cahaya lampu dan cahaya matahari. Ia dipercayai dapat merangsang pengoksidaan dan radikal bebas kulit dan mata.

Lutein dan zeaxanthin adalah jumlah terbanyak yang terdapat dalam kanta dan retina mata. Berfungsi sebagai antioksida dengan melindungi mata daripada kerosakan akibat daripada ketidakstabilan atom atau radikal bebas. Menapis mata daripada cahaya ungu yang tinggi.

Super Lutein Efeknya Dapat Dirasakan Dalam Hitungan Menit

  • 20 menit setelah dikonsumsi, SuperLutein akan diserap oleh sistem pencernaan.
  • 40 menit setelah dikonsumsi, SuperLutein akan diserap oleh mata.

Tidak hanya baik untuk mata Super Lutein juga sangat ampuh untuk mengobati : Darah Tinggi , Kanker, Tumor, Migrain, Stroke, Diabetes Melitus, Jantung, Kolesterol, Sembelit, Kulit Kering, Nyeri Haid/Haid Tidak Normal, Borok/Luka, Nyeri Sendi, Sakit Pinggang, mata Katarak, Rabun Jauh/Dekat, Eksim, Arteriosklerosis, Periodontosis, Mata Plus, Rabun Senja, Mata Silindris, Sakit Ginjal, Hepatitis, dsb. Mata Minus Pada Anak Apakah Bisa Sembuh

Mata Minus Pada Anak Apakah Bisa Sembuh ?

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*