Mata Minus Karena Keturunan ?

Mata Minus Karena Keturunan ?

 

Mata minus adalah salah satu kelainan mata yang tidak dapat melihat benda benda yang berjarak terlalu jauh. Mata minus disebabkan ketika kita sering berkerja atau melihat sesuatu dengan jarak dekat terlalu lama. Seperti kebiasaan membaca sambil tiduran dan membaca di tempat yang gelap atau kurang penerangannya. Perlu diperhatikan juga, pola makan yang tidak sehat juga dapat mengakibatkan mata minus. Hindari makanan yang banyak menggunakan bahan bahan kimia seperti pewarna dan pengawet.

Mata Minus Karena Keturunan ?

Mata Minus Karena Keturunan ?

Penyebab utama dari mata minus adalah kelengkungan kornea yang lebih pendek serta sumbu bola mata yang terlalu panjang. Kedua hal tersebut dapat diperoleh melalui orang tua atau keturunan. Namun apabila bukan keturunan, mata minus bisa diakibatkan karena aktivitas dekat terlalu lama, misalnya banyak membaca atau terlalu lama bekerja dengan komputer.

Biasanya minus mata terjadi jika kita sering berkerja atau melihat sesuatu dengan jarak dekat terlalu lama. Ketika ini terjadi otot di mata kita yang mengatur fokus mata akan terbiasa dengan kondisi seperti ini. Menggunakan kacamata untuk mengkoreksi mata minus akan memaksa otot mata Anda untuk terbiasa dengan kondisi yang tidak normal sehingga dapat membuat minus mata semakin parah ketika anda tetap melalukan pekerjaan rutin secara dekat.

Selain itu yaitu penyebab mata minus karena sering berada di lingkungan yang kurang sehat, tentu dapat mempengaruhi kesehatan dan kebersihan mata, baik lingkungan udara, air, maupun makanan. Sering beradu di jalan raya yang pasti penuh dengan polusi, yang tidak baik terhadap mata, mata menjadi terkena debu dan udara kotor itulah mengapa debu dan udara kotor menjadi penyebab mata minus. Polusi dan asap kendaraan sebenarnya juga penyebab mata minus jika terlalu sering terkena polutan udara kotor dan terik sinar mata hari yang berlebih juga tidak baik untuk mata. Makanan-makanan yang banyak mengandung zat pengawet dan pewarna juga dapat memicu kerusakan pada mata dan menyebabkan mata minus, penyebab mata minus adalah.

Memang minus mata karena keturunan tidak selalu terjadi. Anak-anak biasanya bermain game di depan layar komputer jauh lebih lama dibandingkan orang dewasa, apalagi jaman teknologi sekarang ini. Mungkin anda mempunyai orang tua yang jaman dulu kurang begitu mengenal komputer sehingga mereka memakai kacamata karena usia senja atau kelainan mata tua. Itu bisa saja terjadi. Kurang vitamin, kurang tidur dan terlalu banyak bekerja bisa memacu timbulnya mata minus. Atau pada beberapa kasus mata minus karena keturunan, ada beberapa orang tua dengan seorang ayah memakai kacamata plus dan seorang ibu tidak memakai kacamata, sedangkan anaknya mempunyai kelainan mata silinder sehingga harus memakai kacamata silinder jauh lebih parah daripada mata minus. Perlu diketuhui orang yang mempunyai kelainan penyakit mata silinder mereka biasanya memulai dengan kelainan mata minus terlebih dahulu sehingga lama-lama penyakit mata itu bisa bertambah dan anak-anaknya bisa jadi menderita mata minus karena keturunan.

Dari kejadian hal-hal di atas belum bisa dikatakan bahwa kasus mata minus karena keturunan selalu terjadi. Bisa saja hal tersebut dikarenakan pengaruh lingkungan dan kebiasaan seseorang. Jika sudah mengetahui hal tersebut maka kita bisa memulai pembahasan tentang pengaruh dan penyebabnya.

Cara Mencegah Mata Minus

Mencegah lebih baik daripada mengobati kata bijak ini tentu sering kita dengar. Ada baiknya kita menerapkan kata bijak itu dalam keseharian kita agar kita terhindar dari penykit serta terhindar dari penyakit minus mata. Berikut ini adalah cara mencegah penyakit mata minus agar tidak bertambah, antara lain :

  • Menjaga jarak baca 40-45 cm pada buku dan jarak pandang 60 cm pada layar komputer.
  • Pastikan anak memakai kacamatanya secara rutin.
  • Makan makanan yang cukup gizi untuk kesehatan mata.
  • Perhatikan sistem pencahayaan saat anak beraktivitas seperti membaca dan menonton TV.
  • Tiap kali membaca buku, selingi dengan melihat hal yang ada di sekitar sebelum membaca lebih lanjut lagi.
  • Pemeriksaan rutin.

Untuk meningkatkan kesehatan mata dan untuk mencegah penyakit mata minus, sebaiknya sering mengasup makanan yang mengandung antioksidan untuk memperbaiki kerusakan pada jaringan mata. Yang juga tak kalah penting adalah beristirahat, termasuk mengurangi paparan pemakaian gadget untuk menghindari terjadinya mata minus.

Mata Minus Karena Keturunan ?

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*