Mata Minus Dan Faktor Penyebab

Mata Minus Dan Faktor Penyebab

Mata minus atau rabun jauh memiliki istilah medis miopia. Kondisi ini menyebabkan Anda kesulitan melihat benda jarak jauh. Sinar yang direfleksikan dari sebuah objek masuk ke mata melalui kornea, kemudian difokuskan oleh lensa mata ke retina. Pada mata normal, lensa mata dan kornea membiaskan cahaya yang masuk sehingga bayangan objek difokuskan tepat di retina. Sedangkan pada mata minus, cahaya yang masuk tidak fokus di retina, namun jauh di depannya. Hal ini dapat disebabkan oleh karena kornea terlalu cembung atau panjang bola mata yang terlalu besar. Sehingga jika Anda memiliki mata minus, pada saat melihat objek dari jarak jauh, objek akan terlihat tidak fokus.

Mata Minus Dan Faktor Penyebab

Mata Minus Dan Faktor Penyebab

Ada beberapa gejala yang akan dirasakan oleh para penderita mata yang minus, untuk penderita rabun jauh (miopia, mata minus), sumbu matanya terlalu cembung sehingga bayangan benda jatuh dari retina. Akibatnya, beda yang jauh tidak akan terlihat jelas. Tanpa bantuan kacamata, penderita rabun jauh akan mengalami sakit kepala dan rasa nyeri pada mata.

Gejala yang dapat menandakan bahwa anda menderita mata minus diantaranya sakit kepala (terutama dibagian depan mata), mata yang sering berair, mata perih dan berat. Kondisi seperti ini biasanya akan membaik jika mata diistirahatkan atau dengan menggunakan obat-obatan penawar rasa nyeri. Namun demikian, cara ini tidak dapat dipastikan akan bertahan lama.

Penyebab utama dari mata minus adalah kelengkungan korne yang lebih pendek serta sumbu bola mata yang terlalu panjang. Kedua hal tersebut dapat diperoleh melalui orang tua atau keturunan. Namun apabila bukan keturunan, mata min atau minus bisa diakibatkan karena aktivitas dekat terlalu lama, misalnya banyak membaca atau terlalu lama bekerja dalam komputer.

Biasanya mata minus terjadi jika kita sering bekerja atau melihat sesuatu dengan jarak dekat terlalu lama. Ketika ini terjadi otot di mana kita yang mengatur fokus mata akan terbiasa dengan kondisi seperti ini. Menggunakan kacamata untuk mengkoreksi mata minus akan memaksa otot mata Anda untuk terbiasa dengan kondisi yang tidak normal sehingga dapat membuat mata minus semakin parah ketika Anda tetap melakukan pekerjaan rutin secara dekat. Berikut adalah faktor lain yang menyebabkan mata minus, antara lain :

  1. Pola Hidup Yang Buruk

Segala sesuatu yang ada di dunia ini pasti mempunyai sebab dan akibatnya. Begitupun dengan mata min atau minus, mengapa mata anda bisa minus? Pasti ada pula penyebabnya. Banyak penelitian yang menyatakan bahwa orang-orang yang tinggal di daerah perkotaan, mempunyai resiko lebih besar untuk terkena penyakit mata minus ketimbang orang yang hidup dan tinggal di pedesaan. Sobat inner tahu gak kenapa?

Karena sebagian besar masyarakat diperkotaan banyak menghabiskan waktu di tempat atau kegiatan dengan jarak pandang yang tidak jauh. Selai itu juga karena beraktivitas didepan layar monitor dengan waktu yang tidak sebentar. Sehingga ini akan menyebabkan otot mata yang mengatur fokus mata dan lama-kelamaan akan terbiasa dengan kondisi seperti itu. Akibatnya pada saat melihat objek yang jauh, mata tidak berfungsi dengan baik, karena sudah terbiasa melihat objek dengan jarak yang dekat.

  1. Faktor Genetika (Keturunan)

Jika anda mempunyai mata minus, maka cobalah anda lihat apakah ada salah satu anggota keluarga anda yang mempunyai mata min atau minus? Misalnya ayah, ibu dsb. Jika memang ada, berarti penyebab mata minus anda adalah karena faktor keturunan.

  1. Kurang Istirahat

Mata rabun atau mata min juga dapat disebabkan oleh kurangnya istirahat. Sama seperti anda, mata juga membutuhkan istirahat. Jadi jangan terlalu memaksakan mata anda untuk bekerja keras. Usahakan jangan duduk didepan layar monitor/komputer dalam waktu yang terlalu lama dan lakukan tidur yang cukup

  1. Pola Makan Yang Kurang Baik

Pola makan anda yang buruk dapat menyebabkan kerusakan pada mata. Misalnya karena kekurangan mengkonsumsi sayuran misalnya wortel akhirnya anda kekurangan vitamin A dan akibatnya mata anda mengalami kerusakan.

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Mata minus tidak dapat dicegah, namun dapat diperlambat perkembangannya. Jagalah kesehatan mata Anda dengan melakukan hal-hal berikut:

  • Makan makanan yang sehat. Sudah menjadi rahasia umum bahwa mengonsumsi makanan yang sehat dapat menjaga organ tubuh menjadi sehat, termasuk mata. Mulailah perbanyak konsumsi buah dan sayuran. Selain wortel, ternyata kuning telur dan susu juga mengandung banyak vitamin A yang berguna bagi kesehatan mata. Ikan yang kaya omega 3, seperti tuna, salmon, dan makarel, juga baik untuk kesehatan mata
  • Hindari rokok. Merokok memang tidak baik untuk kesehatan dan juga bisa memengaruhi kesehatan mata.
  • Gunakan kacamata hitam dengan UV protector. Jangan sepelekan sinar matahari, karena selain bisa membuat kulit menjadi lebih gelap, matahari juga bisa mengganggu kesehatan mata. Pakailah kacamata hitam yang memiliki perlindungan sinar UV untuk menjaga kesehatan mata.
  • Istirahatkan mata secara berkala. Saat Anda sedang bekerja dengan komputer atau saat membaca dalam jangka waktu yang lama, beristirahatlah secara berkala dengan cara melihat ke kejauhan.

Indera penglihatan termasuk salah satu bagian yang penting untuk menjalani aktifitas sehari-hari. Lakukan juga pemeriksaan rutin untuk mengetahui kondisi mata dan segera koreksi kelainan mata Anda.

Mata Minus Dan Faktor Penyebab

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*