Mata Minus Dan Cara Menguranginya

Mata Minus Dan Cara Menguranginya

 

Mata minus merupakan gangguan yang terjadi pada mata sehingga membuat seseorang tidak dapat melihat benda pada jarak yang terlalu jauh. Masalah mata minus dapat dialami oleh siapa saja, tak peduli pria, wanita, anak-anak maupun orang dewasa. Adapun penyebab mata minus umumnya disebabkan akibat dari sering membaca dalam keadaan gelap atau tidak mendapatkan pencahayaan yang memadai, membaca sambil berbaring, TV, terkena pancaran radiasi monitor, atau ponsel dan sebagainya.

Mata Minus Dan Cara Mengurangi Mata Minus

Mata Minus Dan Cara Mengurangi Mata Minus

Gejala Miopia Pada Mata

Gejala miopia pada mata sangat beragam dan dapat terjadi pada siapa saja dan dari segala umur. Tetapi kondisi ini umumnya mulai dirasakan oleh pengidapnya pada masa kanak-kanak hingga usia sekolah. Berikut ini adalah gejala – gejala miopia pada mata yang muncul secara umum, antara lain :

  • Objek dekat bisa terlihat, sedangkan objek jauh terlihat kabur
  • Mengecilkan mata ketika melihat objek jauh
  • Tidak dapat melihat papan hitam dengan jelas
  • Terlalu dekat dengan buku ketika membaca
  • Sering sakit kepala
  • Mata berair
  • Cepat merasa lelah
  • Sering merasa nyeri mata
  • Harus menyipitkan mata untuk melihat benda-benda pada jarak wajar yang seharusnya dapat dilihat dengan mata normal
  • Sering mengeluh pandangan kabur atau berbayang ketika melihat dalam objek dalam jarak dekat atau jauh
  • Membutuhkan jarak pandang dekat dengan objek agar terlihat lebih jelas
  • Jalan sering kesandung, jatuh dan suka menabrak-nabrak karena tidak bisa fokus lihat objek.

Gejala miopia pada mata perlahan-lahan akan makin parah seiring bertambahnya usia dan perkembangan mata. Misalnya pada lansia, penurunan kemampuan mata biasanya berhubungan dengan terbentuknya katarak pada lensa mata.

Bagi para penderita mata minus, biasanya akan disarankan untuk menggunakan kacamata atau lensa kontak untuk membantu penglihatannya. Hanya saja, dua metode ini tidak dapat langsung mengurangi minus pada mata. Banyak orang yang berpikir bahwa mata minus adalah sesuatu yang permanen dan tidak bisa disembuhkan. anggapan ini tentu saja salah, karna banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengurangi bahkan menyembuhkan mata minus. yang jelas, untuk melakukan hal ini kita harus melakukan pola hidup sehat dan mengubah kebiasaan-kebiasaan buruk. Berikut adalah cara mengurangi mata minus secara alami :

  1. Konsumsi Sayur dan Buah

Cara alami yang paling baik untuk mengurangi mata minus adalah mengonsumsi sayuran dan bauh-buahan yang banyak mengandung vitamin A. Cobalah untuk mengonsumis wortel, bayam, apel, telur, alpukat, ikan salmon, dan sayuran-sayuran berwarna hijau secara teratur. Anda bisa menggunakan ikan dan telur sebagai lauk, ditemani dengan sayur-sayuran sebagai sup atau pencuci mulut. Jika anda bosan mengonsumsi buah-buahan secara mentah, minumlah sebagai jus. Dengan begini, pola makan sehat akan lebih bervariasi dan tidak monoton.

  1. Tatap objek yang jauh tanpa menggunakan kacamata

Terapi ini juga sangat efektif untuk membuat mata anda menjadi sehat. Di pagi hari, biasakanlah untuk menatap benda yang jauh, lebih baik lagi jika di sekitar benda tersebut ada pepohonan yang berwarna hijau. Cobalah untuk melakukan latihan ini selama 5 sampai 10 menit secara rutin. Dengan melakukan hal ini, mata dan kondisi psikologi anda akan terasa lebih segar.

  1. Lakukan Senam Mata

Selain beberapa cara diatas, cara lain untuk dapat menurunkan minus pada mata adalah dengan melakukan senam mata. anda dapat melakukan latihan mata setipa hari. Latihan mata atau senam mata akan berguna untuk melatih daya fokus mata anda. Latihan ini bisa anda lakukan dengan cara melihat berbagai objek pada jarak yang berbeda, kemudian kedipkan mata secara normal yakni dengan tidak terlalu cepat atau tidak terlalu lambat.

  1. Terapi Daun Sirih

Terapi daun sirih dikenal sebagai sebuah metode alami yang paling manjur untuk menyembuhkan mata minus. Cara melakukannya cukup sederhana, ambil dua daun sirih yang kira-kira bisa menutupi kelopak mata anda. Bersihkan daun sirih tersebut, dan letakkan menutupi kedua mata anda saat tidur. Cara ini sangat murah, mudah, namun bermanfaat.

  1. Istirahat setiap 30 menit di depan layar

Pastikan menerapkan rumus untuk beristirahat selama tiga puluh menit dalam aktivitas yang melibatkan mata, seperti membaca, bekerja di depan komputer, atau menonton televisi. Periode istirahat tidak perlu terlalu lama, cukup 3 sampai 5 menit. Manfaatkanlah saat-saat istirahat ini untuk melakukan senam mata atau memandang objek-objek jauh yang berwarna hijau.

Nah, itulah dia beberapa cara alami yang bisa anda lakukan. Cara ini tetunya lebih sederhana dan lebih mudah diaplikasikan dibandingkan menempuh operasi mata yang akan sangat memakan banyak biaya.

Mata Minus Dan Cara Mengurangi Mata Minus

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*