Mata Minus Bertambah Terus ?? Ini Penyebabnya !!

Mata Minus Bertambah Terus ?? Ini Penyebabnya !!

 

Mata Minus Bertambah Terus ?? Ini Penyebabnya !! Rabun jauh yang terjadi pada mata atau sering dikenal dengan mata minus ternyata disebabkan oleh mata yang dipaksa terus-menerus untuk bekerja keras. Akibatnya, penglihatan jarak jauh pun akan menjadi buram dan tidak jelas.

Mata yang bekerja terlalu keras disebabkan oleh seringnya melihat dalam jarak dekat. Kebiasaan melihat dalam jarak dekat dengan insitas yang tinggi, mau tidak mau akan menyebabkan penglihatan menjadi kabur.

Jika ternyata mata Anda sudah telanjur mengalami gangguan mata minus, maka Anda bisa melakukan beberapa terapi seperti menggunakan kacamata atau lensa kontak. Kacamata adalah salah satu cara termudah dan teraman untuk mengoreksi mata minus. Namun, pada kacamata untuk minus yang berat, pandangan pada bagian tepi bisa terjadi distorsi penglihatan. Lensa kontak tidak memiliki kekurangan tersebut, namun pemeliharaanya relatif lebih rumit dibandingkan kacamata.

Ada banyak alasan mengapa seseorang memilih untuk tidak selalu memakai kacamatanya. Entah karena desainnya yang membuat mereka kurang sedap dipandang mata, tidak percaya diri, atau sekadar lebih nyaman beraktivitas tanpa kacamata. Belum lagi ada anggapan bahwa kacamata tidak memperbaiki penglihatan. Ini dipicu oleh fakta bahwa banyak orang yang sudah lama berkacamata, tapi minus bertambah terus setiap tahun.

Yang jelas, memakai kacamata bukan penyebab langsung dari minus mata yang bertambah.

Mata Minus Bertambah Terus

Mata Minus Bertambah Terus

Ciri Minus Mata Bertambah

Ciri-ciri mata minus bertambah parah yaitu adanya perubahan pada sumbu bola mata pengalami perpanjangan. Hal ini wajar saja dan tidak dapat disembuhkan baik dengan obat maupun terapi kecuali dengan jalan operasi lasik. Yang bisa kita lakukan yaitu dengan cara mencegah agar minus tidak bertambah dengan kacamata/lensa kontak tentunya.

Kebiasaan buruk yang menyebabkan mata minus bertambah parah biasanya karena membaca dengan jarak yang terlalu dekat terkadang sambil berbaring. Radiasi computer juga berbahaya bagi kesehatan mata.Ciri-ciri mata minus berkurang biasanya kita alami jika usia kita sudah diatas tiga puluh tahun. Tentunya perawatan tetap penting untuk dilakukan. yang perlu anda waspadai adalah gejala awal mata minus, jika terdapat tanda-tandanya segera periksakan ke ahli kacamata.

Penyebab Mata Minus Bertambah Terus

Berikut beberapa penyebab mata minus bertambah terus :

  1. Asupan Makanan Sehat Minim

Pola makan yang sehat, yang memenuhi syarat 4 sehat 5 sempurna juga sangat berpengaruh terhadap mata. Biasakan makan-makanan yang seimbang, baik antara karbohidrat dan sayur-mayur dan dilengkapi dengan buah-buahan. Mengonsumsi karbohidrat yang berlebihan selain tidak baik bagi tubuh, juga tidak baik untuk kandungan ketajaman pada mata.

  1. Kebiasaan Buruk

Kebiasaan pola hidup yang buruk dapat memicu penyebab mata minus dan mempengaruhi kesehatan pada mata bahkan dapat merusak mata. Karena kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering di lakukan dapat menyebabkan mata mudah lelah dan terbiasa melakukan kerja penglihatan dengan tidak sesuai kerja pada otot mata. Namun, kebiasaan-kebiasaan yang memicu mata minus ini, sering tidak kita sadari, contoh kebiasaan buruk yang merusak mata adalah: membaca di tempat yang redup / gelap, kebiasaan membaca sambil tiduran, kebiasaan membaca dengan jarak yang terlalu dekat, dan kebiasaan buruk lainnya.

  1. Berada di Ruangan yang Tidak Sehat

Sering berada di lingkungan yang kurang sehat, tentu dapat mempengaruhi kesehatan dan kebersihan mata, baik lingkungan udara, air, maupun makanan. Sering beradu di jalan raya yang pasti penuh dengan polusi, yang tidak baik terhadap mata, mata menjadi terkena debu dan udara kotor. Polusi dan asap kendaraan sebenarnya juga penyebab mata minus jika terlalu sering terkena polutan udara kotor dan terik sinar mata hari yang berlebih juga tidak baik untuk mata. Makanan-makanan yang banyak mengandung zat pengawet dan pewarna juga dapat memicu kerusakan pada mata dan menyebabkan mata minus.

  1. Asupan Gula Berlebihan

Disadari atau tidak ternyata penelitian mengungkapkan, bahwa banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang manis, terutama gula. Ternyata makanan manis dapat menjadi penyebab mata minus pada mata kita, jadi kita harus seimbang mengonsumsi makan dan minum yang sehat untuk suplay tubuh kita, dan terutama untuk kesehatan dan ketajaman mata kita.

  1. Jarang dapat Sinar Ultra Violet

Meskipun di awal saya mengatakan bahwa terkena sinar matahari itu dapat berpengaruh pada kesehatan mata, namun itu jika terlalu berlebihan, karena mata kita rentang pada sinar yang terlalu panas dan terik matahari secara langsung. Maka, untuk mendapatkan sinar matahari yang cukup, bisa saya sarankan untuk sambil berolahraga kecil pada pagi hari untuk jalan-jalan sekalian melihat tanaman yang hijau-hijau segar, juga mendapat sinar matahari untuk pemenuhan rangsangan cahaya alami pada mata, yaa kan juga sekalin dapat vitamin D untuk kulit dan tulang. Jika anda berada dalam perjalanan atau sedang berada di luar rumah dan matahari sangat terik, saya sarankan anda untuk menggunakan kacamata hitam, agar mata kita tidak silau dan merangsang gejala mata minus.

  1. Sering di Depan Layar Kaca

Maksudnya jika anda berada terlalu banyak menatap dan menonton televisi maupun komputer yang mempunyai sinar radiasi tinggi dapat memicu penyebab mata minus, karena saat mata kita memelototi layar televisi maupun komputer, mata kita akan berkedip lebih sedikit dari pada saat kita tidak memelototi layar radiasi tersebut.

Maka, mengakibatkan selaput mata kita menjadi cepat kering, dan retina bekerja tidak normal, yaa akibatnya mata menjadi cepat minus atau plus. Minus biasanya di derita pada anak-anak sampai dewasa, dan plus biasanya di derita oleh orang tua, meskipun tidak menutup kemungkinan bisa sebaliknya.

Untuk melakukan pengobatan terhadap minus mata bertambah terus, memang sebaiknya mengenali dan memahami gejala mata minus yang di alami. Menjaga kesehatan mata sangatlah penting karena mata dapat di katakan organ yang paling penting dalam melakukan  kegiatan sehari-hari.

Nah itulah beberapa penyebab mata minus bertambah terus. Semoga artikel mengenai penyebab mata minus bertambah terus diatas dapat bermanfaat untuk Anda.

Mata Minus Bertambah Terus ?? Ini Penyebabnya !!

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*