Mata Minus Bertambah Parah

Mata Minus Bertambah Parah

 

Mata Minus Bertambah Parah, Mata minus (miopia) merupakan masalah mata yang paling umum. Mata minus ini mudah dikoreksi dengan penggunaan kacamata atau lensa kontak. Namun ada mitos yang menyebutkan penggunaan kacamata dapat membuat minus bertambah.

Mata Minus Bertambah Parah

Mata Minus Bertambah Parah

Menurut spesialis mata dari salah satu klinik mata di Jakarta, rabun jauh yang dialami oleh anak berusia kurang dari 20 tahun memang bisa bertambah, namun hal itu bukan karena pemakaian kacamata. Mata minus memang bisa bertambah karena perubahan panjang bola mata yang menyebabkan mata minus tersebut meningkat.

Ciri Mata Minus Bertambah Parah

Ciri-ciri mata minus bertambah parah yaitu adanya perubahan pada sumbu bola mata pengalami perpanjangan. Hal ini wajar saja dan tidak dapat disembuhkan baik dengan obat maupun terapi kecuali dengan jalan operasi lasik. Yang bisa kita lakukan yaitu dengan cara mencegah agar minus tidak bertambah dengan kacamata/lensa kontak tentunya.

Kebiasaan buruk yang menyebabkan mata minus bertambah parah biasanya karena membaca dengan jarak yang terlalu dekat terkadang sambil berbaring. Radiasi computer juga berbahaya bagi kesehatan mata.Ciri-ciri mata minus berkurang biasanya kita alami jika usia kita sudah diatas tiga puluh tahun. Tentunya perawatan tetap penting untuk dilakukan. yang perlu anda waspadai adalah gejala awal mata minus, jika terdapat tanda-tandanya segera periksakan ke ahli kacamata.

Penyebab Mata Minus Bertambah Parah

Ada beberapa penyebab mata minus bertambah parah antara lain :

  1. Penyebab mata minus bertambah parah adalah karna kurang mengonsumsi makanan sehat. Pola makan yang sehat, yang memenuhi syarat 4 sehat 5 sempurna juga sangat berpengaruh terhadap mata.
  1. Kebiasaan pola hidup yang tidak sehat juga dapat menjadi penyebab mata minus bertambah parah. Kebiasaan pola hidup yang buruk dapat memicu penyebab mata minus bertambah dan mempengaruhi kesehatan pada mata bahkan dapat merusak mata. Contoh kebiasaan buruk yang merusak mata adalah: membaca di tempat yang redup / gelap, kebiasaan membaca sambil tiduran, kebiasaan membaca dengan jarak yang terlalu dekat, dan kebiasaan buruk lainnya.
  1. Polusi dan asap kendaraan sebenarnya juga penyebab mata minus bertambah jika terlalu sering terkena polutan udara kotor dan terik sinar mata hari yang berlebih juga tidak baik untuk mata.
  1. Penyebab mata minus bertambah parah adalah karna banyak mengonsumsi gula yang terlalu banyak. Disadari atau tidak ternyata penelitian mengungkapkan, bahwa banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang manis, terutama gula dapat berpengaruh pada mata kita, jadi kita harus seimbang mengonsumsi makan dan minum yang sehat untuk suplay tubuh kita, dan terutama untuk kesehatan dan ketajaman mata kita.
  1. Terlalu sering bercermin pada layar televisi maupun komputer juga dapat menjadi penyebab mata minus bertambah. Karena jika anda berada terlalu banyak menatap dan menonton televisi maupun komputer yang mempunyai sinar radiasi tinggi dapat memicu penyebab mata minus bertambah, karena saat mata kita memelototi layar televisi maupun komputer, mata kita akan berkedip lebih sedikit dari pada saat kita tidak memelototi layar radiasi tersebut.
  1. Pemakaian kacamata yang terlalu sering/ tidak memberikan kesempatan pada mata untuk bekerja mencari titik fokusnya sendiri. Pandangan ini masih banyak yang memperdebatkan, antara pemicu penyebab mata minus bertambah karena terlalu tergantung memakai kacamata dengan pandangan bahwa sebaiknya ada kalanya membiarkan mata bernafas, tanpa bantuan kaca mata. Karena jika mata terlalu lama menggunakan kacamata, sebenarnya kita mengajarkan pada mata kita untuk ketergantungan pada kacamata dalam melihat.

Untuk melakukan pengobatan terhadap mata minus bertambah parah, memang sebaiknya mengenali dan memahami gejala mata minus yang di alami. Menjaga kesahatan mata sangatlah penting karena mata dapat di katakan organ yang paling penting dalam melakukan  kegiatan sehari-hari.

Mata Minus Bertambah Parah

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*