MATA MINUS, APA FAKTOR PENYEBABNYA ?

MATA MINUS, APA FAKTOR PENYEBABNYA ?

 

MATA MINUS – Mata minus dapat di alami oleh siapa saja, baik orang tua, remaja dan bahkan anak-anak. Biasanya mata min terjadi jika kita sering bekerja atau melihat sesuatu dengan jarak dekat terlalu lama, seperti menonton tv terlalu dekat, bermain game komputer dan masih banyak lagi penyebab mata menjadi minus. Mata min atau minus merupakan penyakit mata yang membuat penderitanya tak bisa melihat normal. Penderita mata min ini sulit untuk melihat jauh. Biasanya objek menjadi buram dan tidak fokus. Untuk mengantisipasinya, penderita menggunakan bantuan kacamata atau bisa mengoperasinya.

 

mata minus

Mata Minus – Faktor Penyebabnya

FAKTOR PENYEBAB MATA MINUS

Penyebab utama dari mata min adalah kelengkungan korne yang lebih pendek serta sumbu bola mata yang terlalu panjang. Kedua hal tersebut dapat diperoleh melalui orang tua atau keturunan. Namun apabila bukan keturunan, mata min atau minus bisa diakibatkan karena aktivitas dekat terlalu lama, misalnya banyak membaca atau terlalu lama bekerja dalam komputer.

Biasanya mata minus terjadi jika kita sering bekerja atau melihat sesuatu dengan jarak dekat terlalu lama. Ketika ini terjadi otot di mana kita yang mengatur fokus mata akan terbiasa dengan kondisi seperti ini. Menggunakan kacamata untuk mengkoreksi mata min atau minus akan memaksa otot mata Anda untuk terbiasa dengan kondisi yang tidak normal sehingga dapat membuat mata minus semakin parah ketika Anda tetap melakukan pekerjaan rutin secara dekat. Berikut adalah faktor lain yang menyebabkan mata min, antara lain :

  1. Pola hidup yang buruk

Segala sesuatu yang ada di dunia ini pasti mempunyai sebab dan akibatnya. Begitupun dengan mata min atau minus, mengapa mata anda bisa minus? Pasti ada pula penyebabnya. Banyak penelitian yang menyatakan bahwa orang-orang yang tinggal di daerah perkotaan, mempunyai resiko lebih besar untuk terkena penyakit mata minus ketimbang orang yang hidup dan tinggal di pedesaan. Sobat inner tahu gak kenapa?

Karena sebagian besar masyarakat diperkotaan banyak menghabiskan waktu di tempat atau kegiatan dengan jarak pandang yang tidak jauh. Selai itu juga karena beraktivitas didepan layar monitor dengan waktu yang tidak sebentar. Sehingga ini akan menyebabkan otot mata yang mengatur fokus mata dan lama-kelamaan akan terbiasa dengan kondisi seperti itu. Akibatnya pada saat melihat objek yang jauh, mata tidak berfungsi dengan baik, karena sudah terbiasa melihat objek dengan jarak yang dekat.

  1. Faktor Genetika (Keturunan)

Jika anda mempunyai mata min, maka cobalah anda lihat apakah ada salah satu anggota keluarga anda yang mempunyai mata min atau minus? Misalnya ayah, ibu dsb. Jika memang ada, berarti penyebab mata minus anda adalah karena faktor keturunan.

  1. Kurang Istirahat

Mata rabun atau mata min juga dapat disebabkan oleh kurangnya istirahat. Sama seperti anda, mata juga membutuhkan istirahat. Jadi jangan terlalu memaksakan mata anda untuk bekerja keras. Usahakan jangan duduk didepan layar monitor/komputer dalam waktu yang terlalu lama dan lakukan tidur yang cukup

  1. Pola makan yang kurang baik

Pola makan anda yang buruk dapat menyebabkan kerusakan pada mata. Misalnya karena kekurangan mengkonsumsi sayuran misalnya wortel akhirnya anda kekurangan vitamin A dan akibatnya mata anda mengalami kerusakan.

 

Sekian artikel mengenai mata minus dan faktor penyebabnya. Semoga artikel mengenai mata minus dan faktor penyebabnya diatas dapat bermanfaat untuk anda.

 

MATA MINUS, APA FAKTOR PENYEBABNYA ?

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*