Cara Menyembuhkan Rabun Jauh Secara Alami

Cara Menyembuhkan Rabun Jauh Secara Alami

 

Cara Menyembuhkan Rabun Jauh Secara Alami – Rabun jauh atau miopi adalah kondisi mata yang menyebabkan objek yang letaknya dekat terlihat jelas, sementara objek yang letaknya jauh terlihat kabur. Kondisi ini juga disebut dengan istilah miopia.

Tingkat keparahan rabun jauh sangat beragam dan berbeda-beda pada tiap penderita. Pengidap rabun jauh yang ringan umumnya tidak membutuhkan penanganan khusus. Namun, rabun jauh yang tergolong parah akan memengaruhi kemampuan melihat pengidapnya sehingga harus ditangani dengan seksama.

Cara Menyembuhkan Rabun Jauh Secara Alami

Cara Menyembuhkan Rabun Jauh Secara Alami

Gejala Rabun Jauh

Gejala rabun jauh dapat terjadi pada siapa saja dan dari segala umur. Tetapi kondisi ini umumnya mulai dirasakan oleh pengidap pada usia sekolah hingga remaja. Berikut adalah gejala-gejala rabun jauh yang seringkali muncul.

  • Pandangan kabur saat melihat objek yang jauh sehingga sering menyipitkan mata, misalnya kesulitan melihat huruf di papan tulis.
  • Sakit kepala atau mata lelah karena mata bekerja secara berlebihan.
  • Frekuensi mengedipkan mata yang berlebihan.
  • Sering menggosok mata.
  • Terlihat tidak menyadari keberadaan objek yang jauh.

Gejala tersebut perlahan-lahan akan makin parah seiring bertambahnya usia dan perkembangan mata. Contohnya pada lansia, penurunan kemampuan mata biasanya berhubungan dengan terbentuknya katarak pada lensa mata.

Jika Anda atau anak Anda mengalami penurunan daya penglihatan secara signifikan hingga mengganggu aktivitas sehari-hari, periksakanlah kondisi mata Anda atau anak Anda ke dokter spesialis mata.

Selama ini mata minus masih diatasi dengan penggunaan kacamata atau lensa kontak. Namun kedua perlengkapan ini juga sering menyebabkan rasa tidak nyaman. Berikut ini adalah beberapa langkah untuk mengobati mata minus, atau paling tidak bisa mengurangi resiko keparahan.

  1. Lakukan Senam Mata

Senam mata merupakan salah satu jenis latihan mata yang bisa membantu mengurangi mata minus. Langkah ini bisa dilakukan oleh siapa saja dan Anda bisa melakukan kapan saja. Latihan dilakukan dengan cara menutup salah satu mata kemudian melihat objek sebuah benda yang bergerak dengan jarak yang jauh hingga dekat. Kemudian dilakukan secara bergantian dan dilanjutkan dengan mengedipkan mata. Ketika mata sudah tidak bisa menahan dan keluar air mata maka mata boleh berkedip. Frekuensi untuk mengedipkan mata harus dilakukan dengan jarak yang tidak boleh terlalu lambat ataupun terlalu cepat.

  1. Melihat Objek yang Luas dan Jauh

Jika Anda terbiasa bekerja di depan layar komputer maka mata minus mungkin akan lebih cepat memburuk. Karena itu kondisi ini memerlukan pemeriksaan secara berkala. Namun sesekali Anda juga bisa melakukan latihan dengan melihat semua jenis objek atau benda yang terletak di tempat yang jauh. Beberapa pemandangan alam seperti persawahan, gunung, perbukitan, laut atau pantai akan melatih mata. Selain itu warna alami dari kondisi alam ini akan membuat lensa dan kornea mata menjadi lebih santai.

  1. Minum Jus Wortel

Cara mengobati mata minus dengan wortel juga dapat anda andalkan karena kaya akan vitamin A. Wortel adalah sayuran yang sudah dipercaya sejak lama untuk mengatasi mata minus. Wortel mengandung beberapa senyawa penting untuk menjaga kesehatan mata seperti beta karoten, vitamin A, lutein dan juga zea xanthin. Beta karoten yang terdapat pada wortel bisa membantu menjaga asupan vitamin A dan mencoba menangkal radikal bebas yang menyerang mata. Bahkan kandungan vitamin A dalam jus wortel bisa membantu mengatasi kerusakan mata akibat faktor usia.

  1. Lindungi Mata Saat Terkena Sinar Matahari

Mata minus memang membutuhkan perawatan yang sangat banyak, termasuk perawatan alami. Salah satunya adalah dengan melindungi mata agar tidak terkena sinar matahari secara langsung. Sinar matahari yang mengenai mata secara langsung bisa menyebabkan kondisi lensa dan retina mata menjadi kurang sehat. Bahkan sinar matahari yang mengenai mata secara langsung akan diterima dalam bentuk radikal bebas yang bisa membahayakan mata. Karena itu ketika bepergian dan terkena sinar matahari maka sebaiknya menggunakan kacamata hitam.

  1. Kurangi Menonton Televisi

Sinar yang dipancarkan dari televisi bisa menyebabkan mata minus menjadi lebih buruk. Hal ini disebabkan karena sinar pantulan dari televisi mengandung sinar ultraviolet dan radiasi yang sangat tajam. Sinar ini bisa menyebabkan kerusakan pada bagian lapisan makula dan menyebabkan lensa mata menjadi sangat lelah. Karena itu penderita mata minus harus bisa mengurangi waktu untuk melihat televisi dan lebih banyak melihat objek di alam secara langsung.

  1. Gunakan Perlindungan untuk Layar Komputer

Jika Anda bekerja dengan menggunakan komputer atau laptop maka pantulan sinar yang terlalu tajam bisa menyebabkan retina dan lensa mata menjadi sangat lelah. Bekerja lebih dari 4 jam dengan terus menerus menatap layar komputer akan menyebabkan mata minus menjadi lebih buruk. Anda tidak harus meninggalkan pekerjaan hanya karena kesehatan mata. Namun Anda bisa menggunakan perlindungan layar yang bisa membuat pantulan sinar menjadi tidak terlalu tajam. Kaca pelindung untuk layar komputer biasanya akan membuat cahaya radiasi tidak langsung mengenai mata tapi diserap oleh pelindung mata.

  1. Biasakan Membaca dengan Lampu yang Terang

Jika Anda memiliki kebiasaan membaca maka jangan membiasakan diri untuk membaca buku di tempat yang gelap atau cahaya yang kurang. Membaca buku di tempat yang terlalu gelap bisa menyebabkan lensa mata harus bekerja sangat keras. Untuk mengurangi nilai minus maka Anda harus membaca di tempat yang terang atau cahaya lampu yang cukup. Cara ini akan menyebabkan mata minus menjadi lebih terpelihara dan paling tidak bisa mengurangi nilai minus mata Anda.

  1. Gunakan Kacamata Minus sesuai Ukuran

Banyak orang yang sebenarnya memiliki mata minus dan tidak mau menggunakan kacamata. Untuk mengatasi hal ini maka Anda bisa mencoba untuk menggunakan kacamata minus yang benar-benar sesuai dengan ukuran. Program terapi ini bisa dilanjutkan dengan menggunakan kacamata minus yang ukurannya lebih rendah dari nilai minus yang sebenarnya. Hal ini bisa membuat mata menjadi lebih fokus dan efeknya sama seperti ketika Anda melakukan senam mata. Bahkan jika dilakukan secara terus menerus maka bisa mengurangi ketergantungan terhadap mata minus.

  1. Istirahat Mata Secara Berkala

Cara mengobati mata minus yang banyak dilupakan orang adalah dengan istirahat yang cukup. Ketika Anda sedang melakukan berbagai aktifitas, maka usahakan untuk memberikan kesempatan mata agar bisa beristirahat. Cara ini bisa Anda lakukan dengan berbagai cara seperti menjaga mata ketika sedang menatap layar komputer. Anda bisa mencoba untuk memejamkan mata sejenak dan memberikan pijatan yang lembut di sekitar alis dan bawah mata. Terapi ini bisa membuat mata bisa istirahat dan aliran darah di sekitar mata juga menjadi lebih lancar.

  1. Air Rebusan Daun Sirih

Daun sirih juga bisa digunakan untuk membantu membersihkan mata. Langkah ini bisa dilakukan dengan mengambil dua atau tiga lembar daun sirih yang masih segar. Kemudian rebus dengan beberapa gelas air mineral. Setelah itu saring dan dinginkan. Setelah air dari rebusan daun sirih ini dingin maka gunakan untuk mencuci mata. Anda bisa melakukan dengan memendamkan mata ke gelas yang penuh dengan air sirih. Cara ini bisa membuat mata menjadi lebih bersih dan mata minus menjadi lebih berkurang. Cara tradisional ini sudah lama digunakan dan memang benar-benar bisa efektif.

Itulah 10 Cara Menyembuhkan Rabun Jauh Secara Alami. Semoga bermanfaat

Cara Menyembuhkan Rabun Jauh Secara Alami

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*