Cara Mengurangi Mata Minus Yang Sudah Tinggi

Cara Mengurangi Mata Minus Yang Sudah Tinggi

 

Bagi Anda yang menderita mata minus, pastilah akan mencari cara mengurangi mata minus yang sudah tinggi agar penglihatan bisa kembali normal.  Menderita mata minus memang membuat beberapa hal menjadi terbatas seperti contohnya berolahraga. Cara mengurangi mata minus yang sudah tinggi secara alami dan cepat sebenarnya bukan mustahil di lakukan. Mata minus merupakan salah satu jenis gangguan mata yang menyebabkan penderita tidak bisa melihat jelas semua benda atau tulisan dengan jarak yang jauh. Kondisi ini menyebabkan penderita harus menggunakan kaca mata dengan lensa minus.

Cara Mengurangi Mata Minus Yang Sudah Tinggi

Cara Mengurangi Mata Minus Yang Sudah Tinggi

Ketika memakai kacamata maka mata bisa melihat dengan jelas semua benda atau tulisan dengan jarak yang jauh ataupun dekat. Gangguan mata minus menjadi gangguan paling umum di dunia. Penderita bisa sangat bervariasi mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, baik laki-laki maupun perempuan. Kondisi ini sering menyebabkan penderita merasa tidak nyaman dan resiko gangguan mata lain.

Selama ini mata minus masih diatasi dengan penggunaan kacamata atau lensa kontak. Namun kedua perlengkapan ini juga sering menyebabkan rasa tidak nyaman.

Di bawah ini akan diuraikan beberapa cara mengurangi mata minus yang sudah tinggi, yang di dapatkan melalui membaca buku-buku dan artikel mengenai cara mengurangi mata minus yang sudah tinggi, yang telah beredar di pasaran. Nah, berikut ini ada beberapa cara mengurangi mata minus yang sudah tinggi antara lain :

  1. Konsumsi Makanan Yang Memberikan Nutrisi Pada Mata, Terutama Suplemen Mata

Cara mengurangi mata minus yang sudah tinggi merupakan cara yang paling banyak memberikan keuntungan karena hasilnya berguna bagi kesehatan tubuh Anda, bukan hanya untuk mata saja.  Mata membutuhkan vitamin A, β-carotene, vitamin E, zinc dan berbagai nutrisi lainnya untuk bisa berfungsi dengan baik.  Menjaga kesehatan mata memerlukan asupan nutrisi yang cukup tinggi sehingga agak sulit untuk dipenuhi oleh makanan sehari-hari dan harus didukung oleh asupan suplement seperti: Supplement Kalsium dan Vitamin A berdaya serap tinggi dan berkualitas tinggi, Suplement Zinc organik yang aman bagi tubuh dan Suplement β-carotene dan vitamin E berkualitas tinggi.

  1. Lepas Kacamata Jika Tidak Diperlukan

Cara mengurangi mata minus yang sudah tinggi : Ketika menggunakan kacamata, mata akan terbiasa terfokus pada pusat lensa (bagian tengah kacamata), hal ini menyebabkan otot mata menjadi kaku karena bola mata jarang bergerak untuk memandang ke arah lainnya.  Anda bisa coba buktikan sendiri, ketika menggunakan kacamata, Anda akan lebih banyak menggerakan leher Anda untuk melihat sekeliling Anda dibandingkan menggerakan bola mata Anda.  Selain itu, dengan melepas kacamata, maka Anda juga akan mengurangi ketergantungan pada kacamata.

  1. Sering-Sering Mengganti Objek Pandangan Anda

Jika Anda sering menatap satu objek dalam waktu lama, hal itu akan membuat otot mata menjadi kaku, oleh karena itu sering-seringlah mengganti objek yang dilihat, sebagai contoh: setelah menatap layar komputer, alihkan pandangan Anda ke jendela atau halaman rumah Anda selama beberapa saat, barulah kembali menatap komputer.

  1. Sering-Sering Menatap Objek Yang Jauh, Terutama Yang Berwarna Hijau

Objek yang berwarna hijau diyakini memberikan dampak positif bagi mata, oleh karena itu cobalah sesekali pergi ke gunung untuk memandang pepohonan.  Apabila dirasa tidak memungkinkan karena keterbatasan waktu, sering-seringlah menatap objek-objek yang jaraknya cukup jauh untuk mengistirahatkan otot mata Anda.

  1. Latih Mata Dengan Melihat Benda-Benda Yang Bergerak

Cara mengurangi mata minus yang sudah tinggi yang satu ini bisa dilakukan dengan melihat kendaran yang berlalu-lalang di jalan raya, namun jika dirasa kurang sreg atau membahayakan, Anda bisa menggantinya dengan menggunakan bola ping pong yang dililitkan pada seutas benang.  Tataplah bola ping pong yang diayunkan dari jarak yang tidak terlalu dekat dengan mata Anda.

  1. Biasakan Untuk Menyisihkan Waktu 15 Menit Setiap Jamnya Untuk Mengisitirahatkan Mata

Apabila rutinitas mengharuskan Anda untuk sering menatap layar komputer, biasakan untuk mengistirahatkan mata Anda dengan memandang kejauhan minimal 15 menit setiap jamnya.  Hal ini akan sangat mencegah kenaikan mata minus Anda.

  1. Biasakan Membaca dengan Lampu yang Terang

Jika Anda memiliki kebiasaan membaca maka jangan membiasakan diri untuk membaca buku di tempat yang gelap atau cahaya yang kurang. Membaca buku di tempat yang terlalu gelap bisa menyebabkan lensa mata harus bekerja sangat keras. Untuk mengurangi nilai minus maka Anda harus membaca di tempat yang terang atau cahaya lampu yang cukup. Cara ini akan menyebabkan mata minus menjadi lebih terpelihara dan paling tidak bisa mengurangi nilai minus mata Anda.

  1. Kurangi Makanan yang Mengandung Bahan Pengawet

Kebiasaan mengkonsumsi berbagai jenis makanan instan dan snack membuat kondisi mata minus menjadi lebih buruk. Bahan pengawet yang masuk ke dalam tubuh akan diterima sebagai bahan radikal bebas. Bahan radikal bebas bisa menyebabkan kerusakan mata ketika menembus lapisan makula. Bahkan kerusakan bisa menjalar ke bagian lensa dan retina mata. Karena itu Anda harus mengurangi makanan yang mengandung bahan pengawet dan pilih jenis makanan organik yang lebih sehat.

  1. Lakukan Terapi Daun Sirih

Daun sirih memiliki berbagai macam khasiat, salah satunya adalah membuang kotoran, mengobati iritasi, mematikan kuman dan jamur pada mata.  Cara mengurangi mata minus yang sudah tinggi  dengan terapi daun sirih adalah:

  • Ambil 2 lembar daun sirih.
  • Cuci bersih (jangan direbus karena akan mengeluarkan zat-zat yang terkandung di dalamnya). Cara Menurunkan Mata Minus
  • Tempelkan pada kelopak mata sebelum tidur (bisa menggunakan bantuan plester agar menempel pada mata).
  • Pagi harinya, lepas daun sirih dan cuci bersih wajah Anda.
  1. Lakukan Terapi Lilin

Terapi lilin bisa digunakan untuk membantu mata mengeluarkan kotoran melalui air mata.  Cara mengurangi mata minus yang sudah tinggi dengan terapi lilin adalah :

  • Ambil 1 batang lilin dan nyalakan.
  • Tataplah lilin tanpa banyak berkedip sampai mata Anda banyak mengeluarkan air mata.
  • Lakukan kira-kira 4x seminggu.

Nah, itulah dia beberapa cara mengurangi mata minus yang sudah tinggi yang bisa anda lakukan. Cara ini tetunya lebih sederhana dan lebih mudah diaplikasikan dibandingkan menempuh operasi mata yang akan sangat memakan banyak biaya. Semoga bermanfaat…

Cara Mengurangi Mata Minus Yang Sudah Tinggi

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*